Mohon tunggu...
nafis idea w.
nafis idea w. Mohon Tunggu... Jurnalis - menulis agar tertulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

terus menulis agar menulis dn segera tertulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kenapa Harus Belajar "Self Managemet"?

3 Mei 2020   16:00 Diperbarui: 3 Mei 2020   15:59 618
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KENAPA HARUS BELAJAR "SELF MANAGEMENT" MANAGEMENT DIRI

Dalam kehidupan sangat penting bagi kita untuk bisa mengatur diri kita masing masing untuk menciptakan kepribadian yang lebih baik dan teratur serta disiplin, untuk bisa mencapai semua itu maka di perlukannya menegement diri.

Lalu, apa itu management diri

Management diri merupakan sebuah pengelolaan diri dimana setap individu mengatur, merencanakan, mengontrol perilakunya sendiri untuk mencaai suatu keadaan yang ideal dan tercapainya goal yang di inginkan. Menurut (Gantina 2011:180) Pengelolahan diri adalah prosedur dimana individu mengatur prilakunya sendiri. Gie (1996:95) manajemen diri adalah dimana setelah seseorang menetapkan tujuan hidup bagi dirinya, ia harus mengatur dan mengelola dirinya sebaik-baiknya untuk membawanya ke arah tercapainya tujuan hidup dan itu juga segenap kegiatan dan langkah mengatur dan mengelola dirinya.


dan, apa tujuan dan manfaat menegement diri

tentu banyak sekali tujuan serta manfat dari self management diantaranya adalah

  • Tercapainya suatu tujuan
  • Dengan mengatur menejement diri, tatanan sebuah tujuan yang telah di rancang akan sangat mudah terselesaikan dengan rapi dan teratur. Karena goal yang terlihat sulit akan menjadi lebih mudah dicapai.
  • bekerja dengan santai
  • karena telah mempunyai jadwal mengatur diri untuk bisa melakukan pekerjaan sesuai jadwal sehingga akan memberikan manfaat yang sangat membantu salah satunya menjadikan mengerjakan pekerjaan lebih teratur dan disiplin tepat waktu mengerjakan dengan santai.
  • Lebih disilin
  • Lebih disiplin itu salah satu manfaat dan tujuan yang sangat membantu setiap individu untuk mecapai semua tujuan yang di inginkan.
  • Bijak mengambil keputusan
  • Saat menjlankan management diri, sebenarnya itu juga mengasah kemampuan mengambil keputusan . prioritas yang di ambil melalui pemikiran yang telah di rencanakan matang-matang. Sehingga memudahkan untuk bisa mngambil keputusan yang selaras dan bisa di pertanggung jawabkan.
  • Dapat memanfaatkan waktu dengan baik.
  • Dengan pengaturan waktu yang telah disusun rapi akan memudahkan ntuk menjalankan sesuatu sesuai taget yang telah di tentukan. Karenanya untuk bisa memanfaatkan waktu di sela sela kegiatan yang telah terjadal rapi itu akan sangat mudah untuk dilakukan seperti stirahat atau melakukan hal yang menguntungkan bagi setia individu.

  • Bagaimana cara memenegement diri sendiri?

  • Untuk bisa mengatur diri sendiri tentunya harus ada prinsip-prinsip yang di terapkan, prinsip-prinsip tersebut sebagai berikut:
  • Harus fokus
  • Andaharus focus dalam memenejemen waktu yang harusnya anda prioritaskan.mengapa harus di lakukan skala preoritas, karena tidak semua keinginan hidup dapat terpenuhi, maka dari itu lakukan dan kerjakan apa yang menjadi preoritas dan yang terpenting untk di lakukan atau di wujudkan. Intinya focus dan jangan terlalu terpacu pada hal hal yang tidkpenting untuk di kerjakan. Fokuslah ada diri anda sendiri dan adilah diri anda sendiri karena itu penting untuk alat pengukuran kekuatan anda tingkat kesuksesan anda
  • Harus fleksible
  • Anda harus fleksible dalam keseharian anda dengan selalu ingin belajar, inovativ, kreatif dan juga siap menghadapi erubahan hidup.
  • Harus punya tujuan hidup
  • anda harus mempunyai tujuan hidup artinya dalam menjalani hidup ini anda harus mempunyai tujuan dan visi misi hidup.  Serta peran dan manfaat dari visi yang anda bangun juga harus siap dan jelas.
  • Disiplin
  • Anda harus disiplin, karena kedisilinan menjadi kunci tama untk bisa membuat semua pekerjaan menjadi simple.
  • Percaya diri
  • Anda harus percaya diri. Dengan percaya diri akan meningkatkan keyakina dan kesungguhan terhadap siaapun.

Bagaimana cara mengetahui sejauh mana management diri kita 

Yang ertama Memonitor diri/ Observasi Yaitu Mengamati tingkah laku sendiri lalu mencatatnya dengan teliti (frekuensi, intensitas dan durasi)  selanjutnya Evaluasi Diri  Membandingkan hasil catatan tingkah laku dengan target tingkah laku yang telah dibuat oleh konseli sesuai efektifitas dan efesiensi program lalu Pemberian penguatan, penghapusan dan pemberian hukuman jika melanggar 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun