Mohon tunggu...
nafis idea w.
nafis idea w. Mohon Tunggu... menulis agar tertulis

terus menulis agar menulis dn segera tertulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cara-cara Mengasah "Relationship Skills" Seorang Anak

1 Mei 2020   19:34 Diperbarui: 1 Mei 2020   19:33 4 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara-cara Mengasah "Relationship Skills" Seorang Anak
theironslawfirm.com

Masa kanak-kanak adalah waktu dimana mereka masih belajar untuk mengexplorasi dan mengembangkan kompetensi social dan emosinalnya. Pada masa ini anak juga masih belajar memahami dan mengelolah emosi mereka. Akan tetapi disisi lain mereka juga di tantang untuk membangun kapasitas  pada diri mereka masing masing agar bisa menjalin hubngan yang efektif dengan orang lain seperti dengan teman, keluarga, ataupn orang orang yang ada  lingkungannya. Hubungan yang di anggap baik dan sehat seorang anak yag masih tingkatan belajar tahap awal membutuhkan bimbingan keterampilan komunikasi yang sangat serius.

Sebagai orang tua atau pendidik penting untuk mengetahui beberapa hal yang akan menjadi pedoman atau metode untuk membangun sebuah selationship skills seorang anak.

Berikut beberapa pedoman atau metode yang dapat di terapkan kepada anak untuk bisa membangun keterampilan hubungan yang baik dengan orang lain.

  • Berlatih komunikasi sama anak dengan baik dan menyenangkaUmur anak usia dini yang masih terbilang sangat gamang sekali menerima sesuatu yang menurut dia itu adalah hal terbaru buat nya. Orang tua adalah sasaran contoh pertama untuk anak maka dari itu orang tua harus banyak mengajarkan dan mencontohkan hal hal yang baik dan dapat di terima oleh si anak .
  • Menyediakan Media bonekaMedia ini juga dapat membantu anak untuk bisa belajar berkomunikasi dengan lawan bicara sebelum mereka berkomuniksi dengan lawan bicara yang seseorang yang real.
  • Membacakan Dogeng sebelum tidurDongeng sebelum tidur juga dapat meragsang seorag anakagar empunyai gambarang yang baik sama degan donge yang telah di bacakan.
  • Memberikan contoh perilaku yang baikMencontoh adalah salah satu hal yang sangat mudah di tiru oleh anak. Untuk itu kunci utama adalah orang tua yang terus berlatih dan menerapkan erilaku ang baik dan sopan.

VIDEO PILIHAN