Mohon tunggu...
Noval Kurniadi
Noval Kurniadi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Speaking makes words, writing makes wor(l)ds

Passion is the fashion for ur ACTION. Passion without action is NO MENTION! | Kontributor wikipedia | www.valandstories.com | Novalku@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Gunakan Aplikasi PeduliLindungi, Ini Dia Tiga Manfaat yang Saya Rasakan

5 September 2021   01:19 Diperbarui: 5 September 2021   02:01 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Dok: PeduliLindungi)

Sejak kasus covid-19 terutama varian delta melonjak drastis pada Juli 2021 lalu, pemerintah membuat berbagai kebijakan. Salah satunya adalah adanya kewajiban penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang memuat data vaksinasi minimal dosis pertama bagi masyarakat yang ingin melakukan berbagai aktivitas di luar.

Aplikasi PeduliLindungi sendiri adalah aplikasi keluaran pemerintah yang memuat pencatatan data vaksinasi setiap warga Indonesia serta perkembangan kasus covid-19 di berbagai daerah di tanah air. Aplikasi ini menyimpan data pribadi kita secara aman.

Melalui aplikasi tersebut, kita dapat melihat rekam jejak vaksinasi kita melalui sertifikat yang telah dikeluarkan. Kapan, dimana, jenis vaksin hingga sudah berapa dosis vaksin yang sudah kita terima akan terlihat di aplikasi PeduliLindungi. Oh ya, Indonesia bukan satu-satunya negara yang memiliki aplikasi seperti ini ya. Di Singapura ada aplikasi sejenis dengan nama TraceTogether. 

Kewajiban penggunaan aplikasi PeduliLindungi pertama kali diterapkan pada tanggal 10 Agustus 2021 dengan menyasar pengunjung mal atau pusat perbelanjaan. Jadi, kalau kita mau hang out di mal, kita enggak bisa masuk begitu saja.  Kita harus mengunduh aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu. Setelah itu, kita memindai barcode yang tersedia lewat aplikasi PeduliLindungi untuk dapat masuk ke dalam mal.

Seiring berjalannya waktu, kebijakan kemudian diperluas. Per 28 Agustus lalu, pemerintah juga menetapkan penggunaan aplikasi ini bagi setiap warga yang ingin naik berbagai moda transportasi umum, baik darat, laut ataupun udara sehingga mengunduh aplikasi PeduliLindungi jadi wajib hukumnya.

Penasaran seperti apa menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat masuk ke mal dan berhubung kebetulan saya sudah kangen dengan ngemal setelah sekian lamanya, saya kemudian menjajalnya sendiri.

Pada 14 Agustus 2021 saya bersama seorang teman memutuskan untuk mampir ke FX Senayan dan Senayan City. Ini adalah pengalaman pertama kalinya saya ngemal dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, sedangkan teman saya adalah sudah kedua kalinya.

Meski awalnya aplikasi saya tidak bisa digunakan karena faktor pengaturan di handphone, alhamdulillah akhirnya bisa masuk juga. Setibanya di dalam, saya bersama teman saya hanya keliling-keliling saja karena saat itu pengunjung mal belum diperbolehkan untuk makan di tempat.

Jujur, awalnya saya merasa masuk mal dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi itu ribet. Saya berpikir, "Apaan sih masuk mal aja mesti donlot aplikasi dan scan barcode segala! Ribet!" Tapi setelah saya berpikir lebih jernih lagi, saya merasa pemerintah punya maksud tertentu kenapa mereka membuat kebijakan seperti ini.

Melihat pandemi covid-19 yang belum berakhir sampai detik ini, saya merasa ada beberapa manfaat yang saya rasakan dari aplikasi PeduliLindungi. Setidaknya ada 4 manfaat yang saya rasakan, di antaranya:

1. Meminimalisasi penyebaran Covid-19 lebih luas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun