Mohon tunggu...
niti negoro57
niti negoro57 Mohon Tunggu... Wiraswasta - Guru Ndeso

Seneng ngulik sesuatu yang asing

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengenai Dunia Digital: Membimbing Anak dalam Penggunaan Teknologi Informasi

27 November 2023   12:50 Diperbarui: 27 November 2023   12:57 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber : hamimeha.com/2022/08)

Di era  teknologi informasi, anak-anak tumbuh dalam lingkungan yang sangat terhubung. Mengenalkan anak pada dunia digital bukan lagi sekadar sebuah pilihan, namun sebuah kebutuhan untuk mempersiapkan mereka menghadapi masa depan yang semakin digital. Namun tantangan terbesarnya bukan hanya memberikan akses kepada anak, namun juga mengajarkan mereka untuk menggunakan teknologi informasi secara bijak. Dalam tulisan kali ini menjelaskan pentingnya pembelajaran tentang media digital dan bagaimana kita dapat membantu anak didik kita menjelajahi dunia teknologi informasi dengan baik dan benar.

Mengapa penting memahami digitalisasi?

Mengenal dunia digital tidak hanya sekedar penggunaan perangkat elektronik saja, namun juga  memahami dampak teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak yang melek digital mampu memanfaatkan seluruh potensi teknologi untuk pembelajaran, kreativitas, dan interaksi sosial. Namun, tanpa panduan yang tepat, terdapat risiko penyalahgunaan dan konsekuensi negatif lainnya. Cara mengenalkan anak pada penggunaan teknologi informasi, membuat aturan penggunaan yang sehat, menetapkan aturan yang jelas dalam penggunaan perangkat elektronik. Ajari anak  pentingnya istirahat dan aktivitas fisik dalam kehidupan sehari - hari.

Pantau konten yang dapat diakses

Mendidik anak-anak tentang konten yang pantas dan tidak pantas. Instal kontrol orang tua di perangkat Anda untuk memantau aktivitas online Anda.

Keterampilan Evaluasi Mengajar

Ajari anak cara mengevaluasi keakuratan dan keandalan informasi online. Mengajarkan siswa untuk mengembangkan pemikiran kritis ketika mengevaluasi sumber informasi.

Bergabunglah dengan dunia pendidikan digital

Integrasikan teknologi ke dalam pendidikan anak Anda dengan memilih aplikasi dan sumber daya pendidikan yang mendukung perkembangan anak Anda.Melibatkan anak dalam pembelajaran online yang aktif dan informatif.

Komunikasi Terbuka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun