Mohon tunggu...
Nita Novianti
Nita Novianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ig : nitanovianti_

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengaruh Covid-19 bagi Perekonomian Masyarakat

31 Mei 2021   07:32 Diperbarui: 31 Mei 2021   07:37 47 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah 15 bulan lamanya Indonesia menghadapi pandemi virus Corona COVID-19. Sejak kasus pertama diumumkan pada awal Maret 2020. Hingga Senin (29/05/2021) pagi, total kasus positif COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 6.565 kasus. Mengingat kembali dari kasus pertama COVID-19 diumumkan, sehingga memberikan dampak kepada Masyarakat.

Pasalnya, akibat melonjaknya kasus terinfeksi Pemerintah Negara Indonesia harus memberlakukan pembatasan aktivitas sosial masyarakat. Pemerintah menerapkan kebijakan baru pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat  Secara garis besar, pembatasan ini mengatur sejumlah kegiatan, antara lain perkantoran, pembelajaran di sekolah, operasional pusat perbelanjaan, seni budaya, hingga peribadatan.

Pandemi COVID-19 tak hanya berdampak pada sektor kesehatan saja, virus ini juga menyerang sektor ekonomi dari berbagai kalangan, misalnya pedagang kecil dan besar. Dampak COVID-19 ini amat dirasakan oleh para pedagang. Seperti yang dialami Agus (45), penjual sayuran di Pasar Kebayoran Lama. Ia mengaku pendapatannya sejak pandemi ini mengalami penurunan dan peningkatan.

“Dulu sebelum COVID-19 barang dagangan saya habis terjual, kalo sekarang terjual setangahnya saja sudah bersyukur. Lebaran tahun 2021 ini lumayan ada peningkatan 20% dibandingkan dengan lebaran tahun 2020. Saya berharap kondisi Negara kita segera pulih dari pandemi virus corona ini.,” kata Agus , Kamis 27 Mei 2021.

Para pedagang berharap Pemerintah dan Masyarakat bisa berkontribusi dalam mengurangi menekannya laju penambahan kasus COVID - 19 sekaligus membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia, khususnya para pedagang kecil.

 
Nita Novianti 

Mahasiswi Universitas Pamulang 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan