Mohon tunggu...
Nita Kris Noer
Nita Kris Noer Mohon Tunggu... belajar berbagi dan belajar memberi manfaat

-semua karena anugerah-Nya-

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Komik Smurf, Buku Pinjaman dari Teman

17 Mei 2021   16:00 Diperbarui: 18 Mei 2021   01:05 617 69 34 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Komik Smurf, Buku Pinjaman dari Teman
Pierre Culliford atau lebih dikenal dengan nama pena Peyo, Kartunis Belgia di balik tokoh karakter Smurf/Sumber : IMDB.com via Kompas

Smurf adalah salah satu karakter animasi, makhluk imut dan berbentuk lucu - mini ukurannya, berwarna biru yang hidup di dalam rumah berbentuk jamur. Smurf sangat lekat dalam ingatan saya. Saya ingat betul saya pertama kali meminjamnya dari seorang kawan di sekolah dasar.

Buku lekat dalam kehidupan kami. Ayah dan Ibu memberikan fasilitas yang sangat baik kepada kami, anak-anaknya. Latar belakang pendidikan yang kuat di lingkungan kami memberikan atmosfer yang kondusif untuk mendukung kami dalam pengembangan hobi kami dalam dunia literasi.

Ayah sudah memberi akses kami dalam memasuki dunia literasi sejak dini. Majalah Bobo sudah akrab dengan saya dan adik saat kami masih berusia balita. Lima Sekawan, Trio Detektif, Serial STOP, Manga Jepang berjudul Candy, Kungfu Boy, Popcorn, dan masih banyak judul  lain yang saya baca. Oh ya saya juga membaca serial komik Tiger Wong, seorang kawan meminjamkannya pada saya.

Ada sebuah buku komik yang saya baca, yang saya tidak dapatkan itu dari Ayah dan Ibu, tetapi dipinjamkan oleh salah seorang teman di bangku sekolah dasar dan perpustakaan sekolah kami. Smurf!

Saya sangat ingin melahap buku-buku yang saya tahu saat kecil. Ada juga komik Steven Sterk yang saat itu saya baca bersamaan dengan smurf. Saya melahap buku-buku dengan tulisan tanpa gambar sampai komik. 

Saya telah menikmati membaca beraneka genre buku sejak kecil. Saya ingat sekali, saat itu banyak akhirnya koleksi buku dan majalah di rumah kami dipinjam oleh kawan-kawan saya.

Ada perpustakaan mini yang akhirnya terbentuk di rumah tanpa disengaja, karena banyaknya buku dan majalah anak-anak saat itu di rumah kami.

Ilustrasi Komik Smurf / Gramedia Digital
Ilustrasi Komik Smurf / Gramedia Digital
Yuk kita kembali lagi menikmati smurf, si makhluk biru yang hidup di sebuah daerah di hutan Eropa yang bernama Le Pays Maudit. Smurf ini adalah tokoh rekaan Peyo yang awal mulanya muncul di komik Johan and Pirlouit. Smurf memiliki makanan kesukaan daun sarsaparila, tanaman tropis yang memiliki rasa pedas, manis, dan beraroma segar itu.

Kala itu buku ini laris manis. Smurf merupakan plesetan dari 'schtroumpf' yang berarti makhluk dalam bahasa Perancis. Pierre Culliford atau dikenal dengan nama pena Peyo yang pertama kali merilisnya di Negara Belgia pada tahun 1958, tepatnya 23 Oktober.

Tokoh-tokohnya diantaranya adalah Papa Smurf, Smurfin (satu-satunya smurf cewek) biasa dikenal dengan Smurfette, Baby Smurf, Brainy Smurf, Hefty Smurf, Handy Smurf, Greedy Smurf, Clumsy Smurf, dan masih banyak tokoh karakter smurf yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x