Mohon tunggu...
Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Mohon Tunggu... Dosen - Profesional

Improve the reality, Lower the expectation, Bogor - Jakarta - Tangerang Twitter dan IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Tips Gaya Hidup Minimalis yang Realistis

28 Juli 2022   07:41 Diperbarui: 30 Juli 2022   11:10 607 20 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi decluttering  (Shutterstock/Andrey_Popov)

Ada masanya ketika barang dianggap status sosial. Contohnya, pemilik dua mobil (dianggap) lebih kaya daripada pemilik satu mobil.

Padahal, mungkin saja aset si pemilik mobil tunggal itu jauh lebih banyak dibandingkan si pemilik dua mobil karena dia dulu membayar tunai mobilnya sehingga tak (perlu) pusing membayar cicilan mobil setiap bulannya. 

Sementara itu, si pemilik dua mobil harus membayar kredit mobilnya selama beberapa tahun ke depan yang berdampak dirinya sulit untuk menambah aset.

Wajarlah ketika kini gaya hidup minimalis semakin diminati generasi Milenial dan Z. Untuk apa punya (banyak) kendaraan sedangkan saat ini sudah tersedia layanan transportasi online, ya kan?

Gaya hidup minimalis juga tak melulu tentang barang yang mahal, namun juga meliputi barang yang lebih murah harganya. 

Contohnya yaitu kini semakin banyak toko yang menjual barang yang dapat dibeli dengan wadah dari rumah (bulk store) untuk mengurangi gunung sampah kemasan plastik.

Tujuan utama gaya hidup minimalis tentu saja tak sebatas menghemat keuangan karena tak sedikit orang yang barangnya hanya sedikit, akan tetapi harga barangnya sekelas sultan. 

Inti gaya hidup minimalis yaitu merawat kelestarian planet Bumi dengan hanya memiliki dan mengonsumsi barang yang benar-benar penting setiap hari.

Hidup minimalis itu buat hidup tambah manis karena uang dan waktu tak habis terkikis untuk hal-hal yang tak praktis  (Ilustrasi: LIFEHACK.org)
Hidup minimalis itu buat hidup tambah manis karena uang dan waktu tak habis terkikis untuk hal-hal yang tak praktis  (Ilustrasi: LIFEHACK.org)
Pengalaman saya selama ini mendapati gaya hidup minimalis itu gampang-gampang susah (atau malah susah-susah gampang?) prakteknya. Gampang ketika kita rutin melakukannya setiap hari sehingga telah menjadi kebiasaan.

Gaya hidup minimalis akan berat ketika kita tak berstrategi. Maka inilah tiga tips untuk gaya hidup minimalis yang realistis setiap hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan