Mohon tunggu...
Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Mohon Tunggu... Dosen - Profesional

Improve the reality, Lower the expectation, Bogor - Jakarta - Tangerang Twitter dan IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Cara Hemat Liburan yang Ramah Lingkungan

12 Oktober 2021   13:24 Diperbarui: 15 Oktober 2021   14:20 154 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Yuk lakukan tiga hal berikut agar liburan yang hemat sekaligus ramah lingkungan bisa menjadi kenyataan (Ilustrasi: biofriendlyplanet.com)


Selain lebih sadar kesehatan, pandemi juga membuat banyak orang semakin berhati-hati dalam pengeluaran. Situasi ekonomi yang tak pasti selama pandemi otomatis berakibat pada tak stabilnya kondisi keuangan banyak orang.

Contoh sederhananya yaitu anggaran untuk liburan dan makan di luar rumah. Sejak pandemi, mayoritas orang lebih berhemat untuk kebutuhan mulai dari primer, sekunder, dan tersier.

Setelah 1.5 tahun kita mengalami pandemi dengan WFH, pasti kangen (banget) kan ya untuk bisa lebih menikmati hidup? Terlebih lagi, saat ini masyarakat di Indonesia sudah banyak yang divaksin sehingga lebih kuat dan sehat untuk berjalan-jalan.

Nah, kini kita tetap bisa liburan yang menyenangkan namun hemat pengeluaran sekaligus sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan lho. Jadi sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Sebelum pandemi, kita bisa berlama-lama di tempat wisata, termasuk saat menikmati wisata kuliner di dalamnya.  Namun, sekarang, waktu dan jumlah kunjungan wisatawan masih banyak yang dibatasi, tak terkecuali dengan memesan makanan yang lalu dibawa pulang.

Konsekuensinya, sampah plastik bekas wadah kemasan makanan dan minuman di lokasi wisata meningkat dengan pelancong tak makan di tempat. Padahal, hal tersebut bisa disiasati dengan berbagai cara yang ramah di kantong dan juga lingkungan.

Maka inilah 3 (tiga) cara hemat saat jalan-jalan yang turut mendukung keberlanjutan lingkungan hidup. Selamat menjalaninya segera ya.

Jelajahi Lokasi Wisata Lokal

Sebelum pandemi, saya sempat merencanakan liburan di luar kota tempat saya tinggal selama ini bersama keluarga. Tentu saja, pandemi membatalkan rencana itu karena adanya aturan pembatasan sejumlah kegiatan di luar rumah

Siapa sangka, di daerah sekitar saya tinggal, ternyata masih ada lokasi wisata alam yang belum terjamah. Mereka antara lain hutan kota dan air terjun (curug).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan