Mohon tunggu...
Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Mohon Tunggu... Dosen - Profesional

Improve the reality, Lower the expectation, Bogor - Jakarta - Tangerang Twitter dan IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cara Terhindar dari Hoaks Seputar Covid-19 selama Pandemi

24 Agustus 2021   10:05 Diperbarui: 24 Agustus 2021   10:10 62 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Terhindar dari Hoaks Seputar Covid-19 selama Pandemi
Selalu cek berita Covid-19 agar terhindar dari hoaks/Ilustrasi:  https://ifcncodeofprinciples.poynter.org/kno

Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia sejak Maret 2020 lalu tak hanya membuat kita harus berjuang melawan virus penyakit. Perjuangan lainnya yang tak kalah penting yaitu perang terhadap hoaks tentang COVID-19.

Kita pasti ingat betul bahwa setahun lalu masih banyak warga sempat termakan isu bahwa virus COVID-19 tak hidup di suhu panas, termasuk di negara tropis seperti Indonesia. Ternyata setahun kemudian, Indonesia malah mengalami kenaikan drastis kasus COVID-19 sehingga harus menerapkan PPKM Darurat dari 3-20 Juli 2021.

Menurut Juru Bicara Satgas COVID-19 pada 8 Juni 2021, dr. Reisa Broto Asmoro, ada sekitar 8 ribu hoaks seputar COVID-19 yang telah ditangani oleh pemerintah selama setahun pandemi.  Tambahnya lagi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memiliki sistem penanggulan hoaks yang bernama "Hoax Buster."

Selain pemerintah, setiap warga tentunya wajib untuk menghentikan laju hoaks tentang COVID-19 agar tak memperkeruh suasana. Pengalaman saya dan keluarga mendapati bahwa hoaks yang diteruskan via grup WhatsApp (WA) itu membuat anggota grup malah semakin paranoid sehingga berpotensi untuk bertindak tak rasional.

Contoh terbaru yaitu hoaks tentang meminum campuran minyak kayu putih dalam segelas air putih hangat untuk membunuh virus COVID-19.  Padahal, minyak kayu putih adalah obat luar dan bukan untuk ditelan.

Anggota grup WA keluarga besar saya pun terbelah.  Ada yang mempercayainya dan ingin mencobanya langsung, terutama para senior, dan tidak sedikit pula (termasuk saya) yang menganggapnya sebagai hoaks.

Perselisihan berakhir setelah seluruh anggota grup WA membaca info resmi dari kanal Hoax Buster pada laman covid19.go.id yang dibagikan oleh seorang sepupu. Ternyata, hoaks tentang meminum minyak kayu putih dapat menyembuhkan COVID-19 bahkan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan (misleading content).

Ironisnya, hoaks seputar COVID-19 juga banyak bermunculan via media sosial yang lalu disebarluaskan lagi melalui grup WA. Menurut data yang dirilis Kominfo pada 11 Juli 2021, ada 1.730 hoaks dari media sosial dengan Facebook sebagai penyumbang terbesar isu hoaks tersebut, lalu Twitter, dan ketiga yaitu Youtube.

Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat terhindar dari konten hoaks seputar COVID-19? Inilah metode cek "ATM (Asal, Tipe, dan Media informasi)" yang bisa kita lakukan untuk melawan derasnya hoaks selama pandemi ini.          

1. Cek Asal Informasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan