Mohon tunggu...
Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Mohon Tunggu... Profesional

Improve the reality, Lower the expectation, Bogor - Jakarta - Tangerang Twitter dan IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Lima Cara Berdonasi Online yang Terpercaya

6 Mei 2021   13:56 Diperbarui: 6 Mei 2021   13:56 472 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lima Cara Berdonasi Online yang Terpercaya
Yuk mari berdonasi online dan juga offline demi sucinya hati sekaligus materi dengan berbagi kepada seisi bumi (Ilustrasi: freepik.com)


Selain berpuasa (shaum), ibadah lainnya yang dianjurkan saat Ramadan yaitu berzakat fitrah. Sebelum sholat Idul, zakat fitrah harus ditunaikan oleh seorang muslim yang telah baligh (dewasa) dan mampu secara materi.

Selain zakat fitrah yang bersifat wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk banyak menyumbang selama Ramadan. Bentuknya bisa berupa infak dan sedekah.

Kaum muslimin memang disarankan menunaikan ZIS (zakat, infak, dan sedekah) ke orang dan lokasi terdekat di sekitar kita. Namun, berdonasi ke tempat jauh lainnya pun tak mengapa dan sangat dianjurkan pula.

Saya berulangkali terenyuh tiap kali melihat kondisi kaum dhuafa baik di Indonesia maupun negara lainnya. Donasi kita untuk mereka akan bertambah terasa manfaatnya ketika mereka berlokasi di daerah perang bersenjata maupun tertimpa bencana alam.

Donasi online menjadi pilihan paling realistis saat pihak yang akan kita sumbang tak berada di satu lokasi. Inilah lima cara kita bisa menyumbangkan materi via donasi online sehingga bantuan tersebut sampai ke pihak yang benar-benar berhak.

Website resmi


Situs (website) resmi badan amal menjadi prioritas utama kita saat akan berdonasi online. Pengalaman saya selama ini mendapati bahwa badan amal yang profesional umumnya memiliki website resmi yang infonya bisa diakses oleh publik.

Sebelum berdonasi, saya baca dahulu sejarah dan visi-misi badan amal tersebut serta status hukumnya yang sudah terdaftar resmi. Kita pun bisa mengetahui track record (rekam jejak) badan amal itu selama ini.

Selanjutnya, jenis program donasi yang tersedia saya telusuri satu persatu. Inginnya sih bisa berdonasi materi ke semua program amal mereka tapi apalah daya, penghasilan dan tabungan saya saat ini (belum) selevel sultan dan sultanah tajir hehehe...

Saat sudah mendapati program donasi yang sesuai dengan hati plus materi yang saya miliki, pilihan cara berdonasi online pun saya pilih. Selama ini, saya lebih sering memilih transfer via internet banking karena efisien dan efektif untuk donasi rutin setiap bulan seusai gajian.

Website resmi badan amal juga umumnya memuat laporan keuangan tahunan mereka yang telah diaudit akuntan independen. Laporan tersebut turut menambah kepercayaan para donatur mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x