Ma'rifatul Nisa'
Ma'rifatul Nisa' mahasiswi

everyone is teacher

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Tips Menghindari Stres

14 September 2017   23:13 Diperbarui: 20 September 2017   12:25 372 0 0
Tips Menghindari Stres
keluarlah dari zona nyaman

terkadang kita sering melakukan aktivitas yang berlebih, akibatnya kita bisa stres atau tertekan. Stres di akibatkan oleh berbagai faktor, seperti kurang tidur, terlalu banyak tugas, kurang olahraga, makanan yang kurang bergizi, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai kegiatan yang melelahkan akhirnya fikiran kita tidak mampu bekerja secara optimal  kesehatan menjadi berkurang dan menjadi pemicu timbulnya stres. Stres sangat berbahaya dan perlu penanganan yang baik dan tepat. Berikut ini beberapa tips menghidari stres yang  berkepanjangan :

1. Biasakan olahraga setiap hari

Kita sering lupa, bahwa olahraga sangat lah penting untuk kesehatan. Seusai bangun pagi, lakukan olahraga ringan. Seperti  jalan-jalan di sekitar perumahan, bersepeda, atau lari pagi. Dengan olahraga, tubuh dan fikiran kita menjadi fresh dan pastinya lebih siap menghadapi hari yang indah. Selain itu, dengan melihat alam sekitar, kita bisa menemukan inspirasi  yang akan menumbuhkan kreatifitas.

2. Berpikir positif

Apapun masalah yang sedang terjadi, sedalam apapun tekanan itu, ingatlah jangan sampai andai menyerah begitu saja. Pasti ada jalan keluar  untuk  menghadapi situasi tersebut. Yakinlah bahwa anda pasti bisa melakukannya. Anda tidak sendirian, masih ada bayak orang di sekitar anda yang masih peduli. Jadi, tanamkan mindset positive thinking.

3. Lakukan hal-hal yang anda sukai

Saat anda memiliki waktu luang, cobalah untuk melakukan hobi atau kegiatan yang anda sukai. Gunakan waktu sebaik mungkin. Kalau bisa, jadikan hobi anda lebih bermanfaat . Anda bisa menggunakan hobi sebagai lahan bisnis dan bermanfaat . saat anda melakukan hobi, anda akan lupa akan masalah yang sedang terjadi dan itu cara yang efektif untuk menghindari stres.

4. Kegiatan rohani

Manusia hidup di dunia hanya sementara.  Pada akhirnya semua makhluk akan tiada. Apabila kita merasa tertekan, karena banyak masalah yang menimpa maka cobalah untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta alam semesta. Kita di uji oleh sang pemilik alam semesta ini agar kita menjadi orang yang kuat, orang yang sabar dan berpikir lebih baik dalam menyelesaikan masalah.  

Kegiatan rohani mampu membersihkan jiwa yang kotor  dan menenangkan pikiran. Seberat apapun masalah yang menimpa, kita harus bersabar dan  mampu mengendalikan diri sendiri. Setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya.

5. Pola hidup sehat

Selalu terapkan pola hidup sehat. Seperti, makan makanan yang bergizi,  istirahat yang cukup, kurangi aktifitas yang berlebihan dan seringlah berolahraga.  Jangan sampai akibat pola hidup yang  kurang terjaga, presentase badan kita menurun drastis. Hal tersebut memicu timbul nya stres dan akibatnya menimbulkan berbagai penyakit.

6. Hilangkan rasa khawatir

Terkadang kita selalu mengkhawatirkan sesuatu yang tidak penting bahkan sesuatu yang belum kita ketahui . Rasa khawatir itu menjadikan kita takut untuk melangkah dan bahkan akan mundur sebelum kita mencobanya.

7. Belajar dari pengalaman

Jika kita mampu mengambil hikmah dari pengalaman, maka kita akan lebih bersabar dalam menghadapi situasi saat ini. Jangan anggap remeh kesalahan yang pernah kita lakukan karena sekecil apapun proses dalam menghadapi suatu masalah, akan sangat berguna di masa yang akan datang.

8. Hindari obat-obatan terlarang

Di zaman sekarang, mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa banyak sekali yang menyalahgunakan obat-obatan terlarang sebagai solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah. Namun faktanya, orang yang mengkonsumsi obat terlarang  secara terus menerus akan mengalami kecanduan dan akhirnya jiwa orang tersebut menjadi tidak normal, kesehatan menurun dan bahkan yang paling parah yaitu bisa menghilangkan nyawa seseorang.

Pada hakikatnya, semua orang akan mengalami tekanan baik tekanan lahir maupun tekanan batin. Seberat apapun tekanan itu, apabila kita yakin bisa menghadapinya  pasti masalah tersebut akan berakhir dan berganti dengan suasana yang indah.

"life is fun. do not burden with things that are not important."