Mohon tunggu...
Nisa Fidianah
Nisa Fidianah Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

MENEMPUH PROGRAM PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berkomunikasi pada Anak Itu Penting

13 November 2019   12:33 Diperbarui: 13 November 2019   12:34 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Berkomunikasi memang penting untuk dipelajari karena akan memengaruhi cara berinteraksi dengan anggota keluarga. Dari pengalaman yang saya alami didalam keluarga saya. Komunikasi didalam keluarga saya sangatlah tidak efektif dan termasuk berkomunikasi itu jarang. Ketika saya mempunyai adik orang tua saya memulai perubahan dalam berkomunikasi. Terutama saat berkomunikasi dengan adik saya jauh lebih baik. Mungkin karena orang tua saya tidak ingin dimasa yang akan datang adik saya menjadi pribadi yang pendiam dan malu. Terutama ibu saya yang mengajak untuk berkomunikasi, bernyanyi, bersenang-senang. Ketika anak-anaknya dirumah ibu saya selalu meluangkan waktunya untuk berkomunikasi.

Ibu saya mengawali dengan bercerita terlebih dahulu, kemudian anak-anak nya mulai bercerita dengan senang hati. Ibu saya menciptakan suasana obrolan dengan happy. Tidak hanya menjadi curhatan bagi anak-anak tetapi juga menjadi sahabat dirumah. Ibu saya selalu mengakhiri bercerita dengan memberikan motivasi dan ilmu dalam percakapan. Setiap hari saya dan adik saya selalu bercerita saat malam hari menjelang tidur. Dari situ pendekatan anak-anak nya kepada orang tua semakin dekat dan terbuka dalam keluarga. Hal ini merupakan latihan untuk bebas berpendapat dan mengasah kemampuan menyelesaikan setiap permasalahan dengan komunikasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun