Mohon tunggu...
Nisa Darojat
Nisa Darojat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman

Writing is sharing

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pentingnya Enterprise Architecture bagi Bisnis di Era Digital

1 Desember 2021   19:29 Diperbarui: 1 Desember 2021   19:40 285 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Yuk, cari tau apa itu Enterprise Architecture dan mengapa hal itu penting bagi bisnis di era digital!

Enterprise Architecture atau biasa disingkat menjadi EA adalah logika pengorganisasian untuk proses bisnis dan infrastruktur TI yang merefleksikan integrasi dan kebutuhan standarisasi model operasi organisasi. Lebih gampangnya, EA merupakan proses berkelanjutan untuk menciptakan, memelihara dan memanfaatkan teknologi informasi yang akan membantu operasi perusahaan dalam menjalankan strategi bisnisnya.

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita ketahui apa aja sih komponen dari Enterprise Architecture? Yap, EA ini terdiri dari empat komponen dasar, yaitu :

  • Arsitektur bisnis, sebagai proses yang digunakan bisnis untuk mencapai tujuannya.
  • Arsitektur aplikasi, bagaimana aplikasi spesifik dirancang dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain.
  • Arsitektur data, bagaimana penyimpanan data perusahaan diatur dan diakses.
  • Arsitektur teknis, infrastruktur perangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung aplikasi dan interaksinya.

Mengapa perusahaan perlu menerapkan EA? Tentu dikarenakan EA dapat menunjang implementasi sistem informasi perusahaan secara menyeluruh, menyelesaikan permasalahan integrasi sistem informasi, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada implementasi infrastruktur teknologi informasi. Proses bisnis yang semakin kompleks tidak lagi cukup dijalankan dengan proses manual seperti zaman dulu kala. Perlu adanya enterprise architecture untuk mengintegrasikan sistem informasi manajemen perusahaan.

Perkembangan dunia digital membuat setiap aktivitas bisnis saat ini tidak dapat terlepas dari teknologi informasi.  Sangat diperlukan pembangunan dan pengembangan sistem informasi yang selaras dengan arah organisasi dan proses bisnis yang sedang dijalankan. Penerapan enterprise architecture harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis sehingga dapat membantu perusahaan menjalankan strategi bisnisnya secara optimal.

Apa sih manfaat EA bagi perusahaan? Eits, manfaatnya banyak banget loh! Dengan menerapkan Enterprise Architecture, perusahaan dapat menciptakan keselarasan unsur-unsur teknologi dalam pencapaian tujuan organisasi. Biaya TI dapat dipangkas dan produktivitas meningkat dengan memberikan para pembuat keputusan akses ke informasi, wawasan, dan ide di mana dan kapan mereka membutuhkannya. EA memberikan pandangan jangka panjang dari proses perusahaan, sistem, dan teknologi sehingga investasi TI tidak hanya memenuhi kebutuhan mendesak. Hal ini membantu menyelaraskan kemampuan TI dengan strategi bisnis untuk tumbuh, berinovasi, dan merespons permintaan pasar. Tak hanya itu, EA juga menghasilkan informasi yang terpusat, stabil, dan meningkatkan konsistensi, ketelitian, ketepatan waktu, integritas, kualitas, ketersediaan, akses, dan pembagian informasi yang dikelola lintas enterprise. Tentunya, ini akan membantu organisasi untuk mengurangi duplikasi dalam informasi, mengurangi resiko teknis dan meningkatkan keamanan. Wah banyak sekali ya manfaat Enterprise Architecture bagi bisnis di era digital!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan