Mohon tunggu...
Nisa Apriliani
Nisa Apriliani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Generasi Perubahan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peningkatan PHBS pada Anak SD Melalui Kegiatan Sosialisasi yang Dilakukan oleh Mahasiswa KKN-T UPI Kelompok 169

9 Agustus 2022   06:34 Diperbarui: 9 Agustus 2022   06:45 87 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mahasiswa KKN UPI Kampus Tasikmalaya Kelompok 169 yang bertempat di Dusun Jalan Bener, Desa Karamatwangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten garut yang beranggotakan 5 orang yang terdiri dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melakukan sosialisasi PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) di SD Negeri 3 Karamatwangi .

KKN-T tahun 2022 ini mengusung tema SDG's yang mana kelompok 169 mendapatkan tema "Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi". Untuk menindaklanjuti tema tersebut, mahasiswa KKN UPI Kampus Tasikmalaya berkolaborasi dengan SD Negeri 3 Karamatwangi  untuk melakukan sosialisasi mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah  kepada siswa sekolah dasar sebagai salah satu upaya perwujudan sanitasi.

PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga kebersihan diri yang dapat berdampak pada Kesehatan diri dan lingkungan sekitar. Perilaku ini penting diinformasikan dan diterapkan sedini mungkin kepada anak.

Pola Hidup Bersih dan Sehat memuat 8 indikator di antaranya yakni: mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun; jajan sehat; menggunakan jamban yang bersih dan sehat; olahraga yang teratur dan terukur; memberantas jentik nyamuk; tidak merokok; menimbang berat bdan dan mengukur tinggi badan setiap enam bulan sekali; dan pengelolaan sampah.

Kegiatan PHBS ini dimulai dengan melakukan sosialisasi kesetiap kelas dari kelas 2 sampai kelas 6 yang berjumlah 10 kelas. Di akhir kegiatan, mahasiswa KKN UPI Kampus Tasikmalaya mengadakan perlombaan kebersihan antar kelas tinggi yakni kelas 4, kelas 5, dan kelas 6. Hal ini dilakukan agar pengetahuan yang didapatkan siswa dapat langsung diterapkan dan diharapkan hal ini dapat menumbuhkan kebiasaan siswa terhadap PHBS.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan