Mohon tunggu...
Hani
Hani Mohon Tunggu... Freelancer - Peserta Danone Digital Academy 2021 ~ https://www.nisaahani.com/

Hai! Perkenalkan saya Hani, Peserta Danone Digital Academy 2021.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Olahraga Itu Tidak Hanya tentang Body Goals

8 Februari 2022   18:08 Diperbarui: 9 Februari 2022   10:29 2036
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Freepik created by catalyststuff

"Lu kan udah kurus, ngapain rajin amat sih olahraganya?" Kurang lebih begitu kata teman saya dulu, saat tau saya daftar keanggotaan tempat olahraga. Dan, waktu itu saya jawab santai, "Iya, demi body goals. Hehe." Karena sampai sekarang pun salah satu alasannya memang itu. Meski kalau dipikir-pikir, memangnya olahraga hanya untuk menurunkan berat badan ya?! Hmmm...

Saya pun gak ambil pusing dan berusaha rutin olahraga. Kalaupun tidak ada yang mengantar atau tidak ada barengannya, saya berusaha olahraga melalui video download-an. Maklum, dulu jaman kuliah masih jadi anak kost yang menghindari naik kendaraan umum sendirian di kota rantau, belum terlalu booming ojek online, belum bisa mengendarai kendaraan apapun terus internet belum sekencang sekarang. Pas lulus, baru dah ojol semakin mudah didapat, internet juga semakin cepat berkat teknologi kabel optik. Duh, ketauan deh angkatan berapa. Haha. Masih muda kok. :p

Berawal mulai merutinkan olahraga saat kuliah, saat kerja pun saya tetap berusaha rutin olahraga. Kadang ikutan olahraga gratis bareng ibu-ibu sekitar perumahan saya. Qodarullah pandemi datang, saya pun berusaha meminimalisir kegiatan di luar rumah.

Alhamdulillah, saya di rumah menggunakan Indihome, internetnya Indonesia. Brand layanan internet ini sangat membantu saya dan keluarga dalam beraktifitas. Mulai dari komunikasi, urusan kerjaan, hobi, sampai olahraga. Banyak dah. Saya jadi tinggal putar channel olahraga di yutup dan mengikutinya. 

Karena, beberapa tahun terakhir saya menyadari bahwa olahraga yang saya usahakan lakukan rutin setiap hari atau minimal bergerak aktif itu manfaatnya bukan hanya sekedar menjaga angka timbangan saya stay di tempat yang sama dalam waktu lama.

Dengan bergerak aktif dan olahraga rutin membuat saya semangat, gak terlalu gampang capek loyo ngantuk, gak banyak overthinking, bawaannya mau sat set sat set beraktifitas positif, terus datang bulan saya juga alhamdulillah lancar setiap bulan dan minim sakit yang sampai tepar gitu. Pokoknya banyak dah. Makanya saya berusaha selalu rutin olahraga, meski tentu banyak cobaan mager-nya. Hehe.

Sedangkan menurut kemenkes, manfaat aktivitas fisik adalah sebagai berikut:

  • Mengendalikan berat badan

  • Mengurangi kecemasan

  • Memperbaiki postur tubuh

  • Mengendalikan stres

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
    Lihat Olahraga Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun