Mohon tunggu...
Nindita Wirastiti M.
Nindita Wirastiti M. Mohon Tunggu...

A girl who had a motivation quote in her life : "To accomplish great things, we mustn’t only act but also dream, not only plan but also believe it"

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pentingnya Mahir Berbahasa Inggris

24 Februari 2015   06:45 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:37 0 0 0 Mohon Tunggu...

Memasuki era globalisasi dan informasi, bangsa Indonesia dituntut mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain dalam berbagai bidang kehidupan. Dalam era tersebut, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi suatu keharusan karena dapat menentukan kemampuan suatu bangsa untuk menang dalam persaingan. Keterkaitan global antar bangsa pada masa itu, juga menempatkan bahasa asing pada posisi yang sangat strategis.

Era globalisasi juga mendorong untuk beradaptasi dengan tatanan kehidupan yang semakin maju. Mengingat pula, bangsa Indonesia akan menghadapi AFTA 2015. Nantinya individu-individu dari berbagai negara akan saling berlomba untuk mendominasi lapangan kerja atau bidang-bidang usaha dengan kondisi hampir semua alat dan teknologi di era global menggunakan Bahasa Inggris. Dalam hal ini, Bahasa Inggris sebagai media komunikasi global sangat diperlukan untuk penguasaan teknologi atau untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dunia.

Seperti kita ketahui bahwa Bahasa Inggris telah diakui sebagai bahasa internasionaluntuk bisnis, olahraga, akademik, ilmu pengetahuan, teknologi, periklanan, dan diplomatik. Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi atau paling tidak memiliki kedudukan khusus di 75 negara dan digunakan di lebih dari 100 negara. Masyarakat yang berasal dari beragam latar belakang geografi, agama, dan budaya telah disatukan oleh suatu bahasa internasional tersebut yang disepakati untuk digunakan dalam berkomunikasi satu sama lain.

Apa tujuan belajar Bahasa Inggris? Apakah sekadar belajar atau untuk memenuhi kebutuhan?

Tentunya, mempelajari suatu bahasa asing untuk tujuan tertentu karena telah mengetahui secara persis manfaat apa yang akan diperolehnya. Ada banyak manfaat Bahasa Inggris yang kita ketahui bahkan masih banyak yang belum diketahui. Memang tidak semua orang mengerti akan pentingnya penguasaan Bahasa Inggris, sehingga wajar saja bila pelajaran Bahasa Inggris justru menjadi momok bagi sebagian besar pelajar di Indonesia. Konsep berpikir kita selama ini yang terlalu sempit dalam menyikapi arti belajar Bahasa Inggris sebagai sebagai suatu kegiatan pembelajaran di sekolah dengan tujuan hanya untuk mendapatkan nilai yang standar (lulus ujian). Hal inilah yang kemudian membuat kita merasa malas, mengantuk, dan rasa lapar seringkali terasa pada saat jam pelajaran Bahasa Inggris dimulai. Padahal belajar bahasa asing itu memerlukan kesabaran dan sebaiknya dilakukan secara rutin berkelanjutan, sebab bahasa tidak bisa diajarkan sebagaimana Matematika atau ilmu eksak lainnya yang membutuhkan penalaran dan hafalan rumus. Namun lebih pada kebiasaan menggunakan kosakata dalam berbicara ataupun menulis.Di sisi lain, pembelajaran Bahasa Inggris tidak hanya dapat diperoleh dari pendidikan formal, tetapi juga dapat diperoleh dari pendidikan informal seperti dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris, salah satunya Saung Inggris WE ACADEMY yang ada di Bandung dan merupakan jawaban atas kursus Bahasa Inggris yang terjangkau untuk berbagai kalangan masyarakat.

Untuk memotivasi dan merangsang minat kita dalam mempelajari Bahasa Inggris, tentunya para pembelajar harus tahu terlebih dahulu manfaat yang akan mereka peroleh jika telah mahir. Dengan mengetahui manfaat belajar Bahasa Inggris dapat meningkatkan semangat dan cita-cita dari setiap individu dalam mempelajari bahasa internasional yang satu ini. Berikut ini adalah manfaat bahasa Inggris yang harus diketahui untuk merangsang minat untuk belajar bahasa Inggris.

1. Bahasa Inggris sebagai alat untuk bersosialisasi dengan masyarakat luas

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang paling umum digunakan dan sangat populer, maka dapat disebut sebagai media komunikasi global. Bahasa ini telah menjadi bahasa internasional secara alamiah seiring dengan kemajuan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Tak mengherankan bila salah satu syarat menerima beasiswa adalah memakai standar penguasaan bahasa Inggris. Anda bisa bayangkan jika mahir berbahasa Inggris, maka Anda bisa berkomunikasi dengan lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia dengan chatting secara online, menulis surat, dan berkeliling dunia menggunakan satu bahasa asing!

2. Bahasa Inggris untuk teknologi

Di zaman sekarang ini, komputer, smartphone, internet, hingga software kebanyakan menggunakan Bahasa Inggris. Hal itu dikarenakan para produsen sadar bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa yang dapat diterima khalayak umum karena Bahasa Inggris adalah bahasa universal. Oleh karena itu, mereka menggunakannya sebagai bahasa utama dalam produknya.

3. Bahasa Inggris untuk pendidikan

Pendidikan di level universitas dan dalam beberapa mata kuliahnya telah mengharuskan penggunaan literatur berbahasa asing, salah satunya Bahasa Inggris. Tidak terbayang jika harus menterjemahkan satu per satu kata yang tertulis, belum lagi jika ada makna yang sulit dipahami. Anda mungkin berpikir bahwa banyak situs yang dapat menerjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia tetapi hal tersebut akan sangat melelahkan.

4. Memudahkan laju akademis

Setidaknya bila seseorang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di PTN terkemuka, maka disyaratkan baginya untuk memiliki kemampuan berbahasa Ingris yang baik. Biasanya dipatok mempunyai nilai TOEFL di atas 500 atau 550. Belum lagi bila kita telusuri beasiswa ke luar negeri, maka siapa saja yang dapat berbahasa asing akan mudah melewati seleksi beasiswa tersebut lebih mudah.

5. Bahasa Inggris vs dunia kerja

Di era globalisasi, dunia kerja semakin berkembang dan maju dalam memperluas lingkupnya hingga lintas negara, membuka kesempatan kerja dan karir yang sangat luas, maka hanya orang-orang yang memiliki penguasaan bahasa asing yang populer akan dapat mengambil kesempatan emas ini.Bahasa Inggris kembali berperan disini. Jadi tidak lagi mengherankan apabila dunia kerja memberikan nilai tinggi terhadap kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki seseorang karena untuk dapat bekerja di perusahaan multinasional/asing kemampuan Bahasa Inggris dipertanyakan dan menjadi salah satu syarat utama.

6. Menjadi translator

Pekerjaan translator atau dinamakan sebagai penerjemah telah menjadi sebuah profesi yang diakui secara legal oleh negara. Sehingga potensi mendapatkan uang bulanan atau tambahan sangat besar lewat kerja penerjemah.

7. Bahasa Inggris membuat orang terlihat keren

Manfaat dan pentingnya belajar Bahasa Inggris lainnya berkaitan dengan kepuasan diri sendiri ketika telah mahir menggunakannya. Secara sederhana, seperti ketika mendengar orang Indonesia berkomunikasi dengan Bahasa Inggris pasti yang akan dikatakan orang awam, “Wah, orang itu terlihat keren”, atau “Hebat sekali dia”, dan sebagainya. Selain itu, seseorang yang pandai berbahasa Inggris pasti akan disegani oleh komunitas disekitarnya. Belum lagi bila telah  masuk ke lingkungan kerja, maka Anda dapat menjadi karyawan yang dianggap penting peranannya dalam menjalin hubungan dengan perusahaan atau klien mitra asing.

8. Mudah bergaul

Penguasaan bahasa lebih dari 2 atau 3 jenis bahasa akan membuat kita memahami perbedaan kultur dari setiap bangsa. Dengan begitu seseorang akan semakin berhati-hati dan pandai dalam bertutur kata, ini membuat lawan bicara senang dengan keberadaan kita.

9. Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru

Seseorang yang pintar berbahasa akan mengetahui dan cepat belajar tentang penggunaan bahasa di lingkungan yang baru ia singgahi. Bahkan beberapa negeri tetangga telah terbiasa dengan pemakaian bahasa ini dalam keseharian mereka. Ketika Anda berpergian ke berbagai tempat di luar negeri maka skill berbahasa Inggris akan membuat perjalanan lebih menyenangkan dan bermakna.

Sekian, semoga bermanfaat ♥ - nindy (peserta National Essay Competition Kampung Inggris Bandung www.wisdomnesiaenglish.com)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x