Mohon tunggu...
Ninda AyukAktaniensia
Ninda AyukAktaniensia Mohon Tunggu... halo nama saya ninda mahasiswa semester akhir di Universitas AMIKOM Yogyakarta

hidup harus selalu tumbuh dan menumbuhkan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Asyiknya Magang Selama Pandemi di LSPP JDI

14 Januari 2021   10:36 Diperbarui: 14 Januari 2021   10:39 118 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asyiknya Magang Selama Pandemi di LSPP JDI
Foto: Dokumentasi Pribadi

Pandemi virus Covid -- 19 di Indonesia sepanjang tahun 2020 sudah banyak sekali dampak buruk. Dampak buruk  dari adanya pandemi virus Covid -- 19 di tanah air yaitu diberbagai sektor kehidupan mulai dari ekonomi, pariwisata, industri dan kesehatan. Dengan masa new normal seperti ini, mahasiswa tetap aktif dalam melaksanakan program magang yang telah ditetepkan di kampus.

Magang merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh bagi mahasiswa semester akhir Universitas AMIKOM Yogyakarta. Program magang tersebut bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dibangku kuliah pada program magang, selain itu magang diharapkan memberikan pengalaman mengenai dunia kerja bagi mahasisa. Meskipun mahasiswa magang pada saat pandemi tapi tidak menghalangi mahasiswa untuk dapat melaksnakan program magang di Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia (LSPP JDI).

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia merupakan lembaga sertifikasi profesi yang melaksanakan pengembangan standar kompetensi, sertifikasi kompetensi pada suatu bidang pariwisata. Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia ini berlokasi di Jl. Srigunting No. 12, Demangan Baru, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Program magang ini dilaksanakan selama 3 bulan (75 hari kerja), yaitu dimulai dari tanggal 03 Agustus 2020 samapai dengan 31 Oktober 2020. Kegiatan magang dilaksanakan mengikuti jadwal kantor Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia selama 6 hari kerja yaitu pada hari senin hingga sabtu dimulai dari pukul 08.30 WIB sampai dengan 16.30 WIB, khusus pada hari sabru kegiatan magang selesai pada pukul 14.00 WIB.

Tiba saatnya pada tanggal 03 Agustus 2020 mahasiswa mengikuti pertemuan pertama sekaligus hari pertama pelaksanaan magang bersama para pimpinan perusahaan dan pembimbing lapangan yang akan membimbing mahasiswa pada saat magang. Pada saat itu mahasiswa banyak diberikan pengetahuan seputar korporate perusahaan dan juga deskripsi pekerjaan yang akan mahasiswa lakukan selama magang

Selama melaksanakan program magang mahasiswa di tuntut agar selalu mematuhi protokoler kesehatan Covid -- 19 yaitu selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan tidak ketinggalan selalu membawa hand sanitizer dikantor maupun di luar kantor. Dalam program magang tersebut mahasiswa ditempatkan di divisi Program dan Pengembangan Bisnis, dan di bagian Lembaga Sertifikasi Profesi.

Beberapa kegiatan magang yang dilaksanakan mahasiswa antara lain adalah melakukan editing materi pelatihan offline maupun online menggunakan power point, editing video pelatihan menggunakan software adobe premier, kine master dan filmora, menjadi tim event yang tugasnya mendokumentasikan setiap kegiatan pelatihan, melakukan input data asesi kedalam sistem dan masih banyak lagi.

Seru kan kegiatan magang di Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia. Buat kalian yang akan magang disaaat kondisi pandemic Covid -- 19 tetap stay safe dan selalku jaga kesehatan ya.

VIDEO PILIHAN