Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tujuh Hal yang Harus Dipahami Sebelum Menulis

21 Maret 2022   22:37 Diperbarui: 21 Maret 2022   22:58 533
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses Menulis. Sumber: Kompas.com

"Menulis adalah mencipta, dalam suatu penciptaan seseorang mengarahkan tidak hanya semua pengetahuan, daya, dan kemampuannya saja, tetapi ia sertakan seluruh jiwa dan napas hidupnya". - Stephen King

Menulis adalah satu hobi saya sejak kecil. Namun, hobi itu kembali muncul saat usia saya mulai tidak muda lagi. Saya ingin memiliki kemampuan menulis yang baik. Menulis adalah suatu keterampilan yang harus dilatih terus menerus. Ibarat mata pisau, meskipun awalnya dia tajam, tetapi akan tumpul juga jika tidak diasah.

Saya ingin mengasah kembali kemampuan menulis yang saya peroleh saat saya masih duduk di bangku kuliah jurusan Bahasa Indonesia. Jujur saja selama menjadi guru, produktivitas saya menulis hanya sebatas menulis bahan ajar, rencana pembelajaran, laporan hasil belajar diary. 

Saya intens menulis diary. Saya sering menulis puisi atau cerpen, tetapi hanya sebatas menjadi koleksi pribadi saja tanpa memiliki keberanian untuk mempublish karya-karya tersebut. Saya berani membagikan tulisan hanya di beberapa media sosial yang saya miliki, itu pun sangat terbatas.

Akhirnya saya mengikuti beberapa komunitas menulis agar keterampilan saya kembali terasah tajam. Ada lima belas antologi yang ditulis bersama dengan teman-teman di komunitas yang berbeda. 

Ada satu naskah solo yang merupakan kumpulan cerpen yang saya tulis. Kegiatan- kegiatan dalam komunitas menulis itu memberikan energi positif dan keberanian kepada saya untuk terus menerus menghasilkan karya tulis dalam bebrbagaigenre tulisan.

 Ada beberapa kelas menulis yang memberikan bimbingan teknik penulisan dari para mentor yang mumpuni dalam segi teknik menulis. Dengan mengikuti kelas-kelas tersebut, saya menjadi lebih paham untuk menghasilkan tulisan yang baik. 

Ada catatan-catatan kecil yang saya buat saat akan menulis sebuah karya tulis. Mungkin akan bermanfaat bila dibagikan kepada teman-teman lain, khususnya bagi para penulis yang belum memiliki kepercayaan diri dalam menulis. 

Menulis merupakan salah satu hobi yang banyak disukai orang. Menulis merupakan kegiatan yang dapat dijadikan terapi buat orang yang sering melakukannya.

Permasalahan, ungkapan perasaan atau hasil pengamatan yang dilakukan seseorang dapat dituangkan dalam tulisan. Selain bisa mengurangi beban perasaan, karya tulis kita dapat bermanfaat untuk orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun