Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Cara Menanamkan Nasionalisme pada Anak

21 Agustus 2021   08:12 Diperbarui: 21 Agustus 2021   08:16 262 20 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Menanamkan Nasionalisme pada Anak
ilustrasi: sekolahan.co.id

Peringatan puncak Proklamasi di tingkat nasional adalah pelaksanaan upacara bendera di Istana Merdeka Jakarta. Pelaksanaan upacara ini berbeda dengan tahun-tahun sebelum Pandemi Corona Virus. Peserta upacara dibatasi oleh beberapa orang saja. Namun pelaksanaan upacara itu tetap khidmat.

Perayaan kemerdekaan RI yang ke 76 di tingkat masyarakat pun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat diimbau tidak mengadakan kegiatan lomba yang menimbulkan kerumunan orang. Kerumunan ini dikhawatirkan akan menjadi cluster baru penyebaran virus Covid-19.

Jangan khawatir, kegiatan lomba masih bisa dilakukan meskipun hanya di tingkat keluarga. Beberapa kegiatan lomba ini bisa menumbuhkan semangat nasionalisme anak juga dan bukan hanya eporia yang biasa dirasakan anak-anak selama ini. Biasanya yang diingat oleh anak-anak saat peringatan hari Kemerdekaan RI ini hanya sebatas kegiatan lombanya saja. Sejarah Indobesia dapat menyatakan kemerdekaan kerap tidak diingat atau diketahui. Rasa nasionalisme mereka harus selalu dipupuk.

Nasionalisme ada sikap yang harus dimiliki oleh setiap warga negara untuk mencintai tanah airnya. Dalam KBBI nasionalisme bermakna paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri.

Sikap ini hendaknya diajarkan kepada anak-anak agar mereka memiliki semangat juang dan rela berkorban demi kemajuan bangsa dan negara. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa Indonesia. Kelak mereka yang akan menjadi pemimpin-pemimpin negeri ini. Sepatutnya anak-anak Indonesia diberi landasan sikap yang kuat dan mental yang baik sehingga mereka akan memimpin negeri ini dengan baik pula.

Melalui momen peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-76 ini, ayah dan ibu dapat memberikan pendidikan nasionalisme kepada anak-anak. Kegiatan lomba yang dilakukan perlu mengarah kepada kegiatan pengenalan sejarah bangsa dan menumbuhkan rasa cinta kepada Indonesia.

Empat Cara Mendidik Nasionalisme Kepada Anak

  • Mengenalkan Tokoh-Tokoh Pahlawan Indonesia

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawan. (Ir. Soekarno, presiden RI 1)

Sejarah Indonesia telah mencatat betapa gigihnya rakyat Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Saat penjajah Belanda menduduki Indonesia selama tiga ratus lima puluh tahun, rakyat Indonesia hidup dalam kemiskinan, tanpa pendidikan dan selalu menjadi budak para penjajah Belanda.

Banyak pemuda yang akhirnya menyadari bahwa rakyat Indonesia harus mulai merebut kemerdekaan negaranya sendiri. Banyak para pemuda yang menjadi pelopor perubahan pada masa itu, contoh saja: Pangeran Diponegoro, Patimura, Teuku Umar, Tjut Nyak Dien, R.A. Kartini, Raden Dewi Sartika, Dr. Wahidin Soedirohusodo, Dr. Soetomo, Suryadi Suryaningrat, Teuku Tjik Ditiro, Tuanku Imam Bonjol, , Ir. Soekarno. Mohammad Hatta, Ki Hajar Dewantara, K.H. Hasyim Ashari, Tan Malaka. Jendral Soedirman, Mohammad Natsir dan masih banyak lagi tokoh-tokoh pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada masanya.

Anak-anak perlu dikenalkan dengan tokoh-tokoh tersebut. Mereka rela berjuang demi kemerdekaan negara Indonesia. Sikap rela berkoran dari para tokoh tersebut dapat memberikan teladan kepada anak-anak.

Hal itu harus dilakukan agar anak-anak tidak mengidolakan tokoh pahlawannya yang ada dalam dunia fantasi mereka saja, seperti : Satria Baja Hitam. Ultra Man, Boboboy dan sebagainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan