Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Bolehkah Olahraga pada Malam Hari?

23 Juni 2021   07:56 Diperbarui: 24 Juni 2021   01:02 778
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi olahraga di malam hari. Sumber: Kompas.com

Ilustrasi Pengalaman Pribadi

Badminton adalah salah satu olahraga yang sangat digemari masyarakat. Olahraga ini terbilang sangat mudah dilakukan. Permainan badminton ini membutuhkan stamina yang sangat tinggi. Permainan ini membutuhkan pernafasan yang kuat karena pemain harus melakukan gerakan mengejar, meloncat dan memukul secara bergantian.

Suamiku adalah penggemar permainan badminton ini. Dia selalu melakukan olahraga ini bersama teman-temannya. Jadwal latihan dilakukan pada hari Selasa dan Sabtu dari pukul 19.30 sampai selesai. Sebenarnya saya sudah menyarankan untuk tidak berolahraga pada malam hari. Namun kesibukan kerja memaksanya untuk berolahraga di malam hari.

Suatu hari seperti biasa dia pergi ke GOR bersama teman-temannya. Seperti biasa pula saya mengingatkan agar tidak pulang terlalu malam. Pukul 20.00 dia sudah pulang dengan wajah yang pucat dan tubuh yang lemas, dada terasa sakit, nafasnya sesak, dan menggigil.

Sebagai pertolongan pertama saya menyuruhnya berbaring di lantai. Kemudian saya menyuruhnya untuk melakukan latihan pernafasan pelan-pelan. Saya selimuti tubuhnya agar mengurangi rasa dinginnya. Setelah rasa sakit dan sesak napasnya membaik, saya berikan teh manis hangat. Syukurlah tubuhnya berangsur normal dan rasa sakitnya mulai hilang.

Saya sangat terkejut dan sedikit panik saat menghadapi hal tersebut karena baru kali inilah suami saya mengalami sakit seperti itu. Apakah suami saya terkena serangan jantung? Padahal selama ini dia tak memiliki riwayat penyakit jantung. Apakah ada pengaruhnya olahraga malam yang dilakukannya hari ini?

Setelah suami tertidur, saya mencoba untuk mencari tahu kira-kira ada hubungannya tidak olahraga malam hari dengan gejala sakit yang dialami suami.

Olahraga malam hari, sumber gambar:liputan6.com
Olahraga malam hari, sumber gambar:liputan6.com

Pertimbangkan hal-hal berikut saat akan melakukan olahraga malam

Saya mencoba merangkum beberapa informasi yang saya peroleh dari hasil telusuran saya di internet. Sebenarnya sah-sah saja jika melakukan olahraga pada malam hari. 

Apalagi bagi Anda yang memiliki kesibukan yang luar biasa pada pagi hingga sore hari. Ternyata ada beberapa hal yang harus kita ketahui saat memutuskan olahraga malam.

  • Kondisi Tubuh

Stamina yang prima sangat dibutuhkan saat kita akan berolahraga apalagi ola raga yang dilakukan pada malam hari. Jika Anda merasa kurang fit, urungkan niat untuk berolahraga di malam hari.

  • Dampak yang dirasakan setelah olahraga pada malam hari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun