Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kanker Payudara Merenggut Orang-orang Terkasih

19 April 2021   14:44 Diperbarui: 19 April 2021   14:48 142 18 0 Mohon Tunggu...

Perempuan memiliki kodrat sebagai orang yang kelak akan melahirkan generasi berikutnya. Dari rahim kaum perempuanlah ditentukan kualitas generasi muda bangsa. Oleh karena itu, perempuan harus memiliki pengetahuan yang berkaitan dengan kesehatan jasmani dan rohaninya.

Anatomi tubuh perempuan memiliki perbedaan dari segi fungsinya. Salah satu organ tubuh wanita yang memiliki perbedaan dengan kaum laki-laki adalah payudara. Laki-laki memiliki payudara juga namun payudara laki-laki tidak memiliki jaringan ikat sehingga tidak bisa membesar bentuknya seperti layaknya wanita.

Dikutip dari SmarterHealth.com payudara adalah bagian tubuh atas yang terdiri dari lemak dan jaringan ikat, selain itu terdapat lobus, lobulus, saluran ASI, pembuluh darah, dan kelenjar getah bening di dalamnya. Lobus adalah bagian dari payudara yang terbagi lagi menjadi beberapa lobulus. Kelenjar-kelenjar kecil atau lobulus inilah yang akan menghasilkan ASI.

Oleh karena itu kewajiban perempuan berikutnya adalah menyusui anak yang dilahirkannya. ASI pertama yang diberikan seorang ibu kepada bayinya memiliki zat imun yang biasa disebut kolostrum. ASI merupakan asupan utama yang harus diberikan kepada bayi.

Namun sayangnya masih saja ada perempuan yang enggan menyusui anaknya dengan berbagai alasan, seperti: kesibukan mereka dan alasan estetis. Perempuan harus paham jika menyusui bayi mereka maka akan terhindar berbagai penyakit khususnya kanker payudara.  

Dalam agama Islam sudah disampaikan kewajiban seorang perempuan adalah menyusui, Q.S. Al Baqarah ayat 233 yang artinya:

"Dan bagi para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara maruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. 

Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. 

Apabila keduanya ingin menyapi  (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. 

Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."

Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan penyakit kanker payudara:

  • belum pernah hamil sebelumnya dan tidak menyusui anaknya,
  • bertambahnya usia. Kanker payudara paling banyak pada usia di atas 50 tahun,
  • kebiasaan merokok atau minum minuman beralkohol,
  • kelebihan berat badan atau obesitas,
  • mulai menopause pada usia lebih tua, yaitu setelah usia 55 tahun,
  • mulai menstruasi sebelum usia 12 tahun,
  • penggunaan alat kontrasepsi hormon dan terapi hormon setelah menopause,\memiliki riwayat kanker payudara pada diri sendiri pada salah satu payudara.
  • Memiliki riwayat kanker payudara pada nenek, ibu, tante, adik, kakak, atau anak sekandung.
  • Riwayat terpapar dengan radiasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x