Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Tips Pembiasaan Berpuasa Anak Usia Dini

18 April 2021   14:29 Diperbarui: 18 April 2021   14:33 170 15 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Pembiasaan Berpuasa Anak Usia Dini
Pembiasaan Anak Berpuasa. Sumber Gambar :Islami.co

Puasa Ramadhan adalah salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat muslim. Hal tersebut sudah dinyatakan dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 183 yang berisi tentang kewajiban berpuasa bagi kaum muslimin seperti diperintahkan kepada mereka sebelumnya karena puasa itu bentuk ketakwaan umat muslim kepada Allah SWT. 

Syarat wajib puasa  yang harus diketahui adalah : 

  1.  beragama Islam. Seluruh umat manusia yang mengaku beragama Islam wajib menjalankan puasa. 
  2. mampu berpuasa. Kewajiban itu gugur apabila seseorang tersebut sakit namun tetap harus digantikan puasa tersebut pada bulan berikutnya. Tidak wajib bagi mereka berpuasa apabila dia sudah uzur dan saki-sakitan.  Namun dia wajib memberikan   fidyah. Fidyah itu memberikan makan orang miskin khususnya yang sedang berpuasa. Tidak wajib pula bagi mereka yang menjadi musafir atau melakukan perjalanan yang jauh namun dia tetap harus menggantikannya pada bulan berikutnya/qodho.
  3. berakal. jadi mereka yang hilang ingatan tidak wajib atasnya berpuasa. 
  4. Akil Balig. Akil dalam pengertian bahasa adalah  memahami,berakal, mengetahui. Jika didefinisikan akil itu adalah seseorang yang sudah mencapai usia tertentu dan dianggap sudah dewasa, atau sudah mengalami perubahan biologis yang menjadi tanda-tanda kedewasaannya. Ada tiga hal yang menjadi tanda seseorang itu balig yaitu : pertama, umur anak laki-laki dan perempuan. Ada beberapa perbedaan penentuan balig berdasarkan umur, Ada yang menyatakan seseorang itu balig jika dia sudah berumur 15 tahun. Kedua, apakah seseorang sudah bermimpi basah (atau mengeluarkan mani) atau belum. Ketiga, untuk perempuan, apakah ia sudah haid atau belum.
  5. Dalam keadaan suci. Bagi mereka yang baru melahirkan/nifas atau mereka yang sedang haid maka tidak diwajibkan kepada mereka berpuasa melainkan menggantinya pada bulan berikutnya.

Anak-anak  yang masih berusia 5 sampai dengan 13 tahun masih bisa dikatakan belum balig jika mereka masih belum mengalami hal-hal yang menunjukkan kedewasan. Mereka pun tidak diwajibkan berpuasa namun alangkah baiknya jika para orang tua membiasakan anak-anak berpuasa. Apa saja yang harus dilakukan orang tua saat melatih anak-anak mereka berpuasa? 

Tips membiasakan anak-anak usia dini berpuasa  sesuai dengan pengalaman yang saya lakukan kepada anak-anak :

  1.  Berilah pemahaman kepada anak tentang kewajiban berpuasa. Pemahaman ini akan memberikan motivasi tentang kewajiban umat Islam di dalam bulan Ramadhan. Motivasi yang terbentuk dengan sendirinya akan membuat anak merasa ikhlas menjalankan puasa.
  2. Berikan pembiasaan pada jadwal puasa dan sahur.  Buat perjanjian tentang jadwal  anak kapan   akan berbuka. Tentu saja orang tua tidak perlu memaksakan kehendak agar anak dapat berpuasa full satu hari. Buat perjanjian tersebut sesuai dengan kemampuan anak.
  3. Jangan pernah memaksakan kehendak agar anak harus berpuasa. Lakukan secara bertahap. Hari ertama anak hanya mampu berpuasa dari sahur sampai pukul 9. Hari berikutnya tingkatkan menjadi pukul 19 dan seterusnya.
  4. Menciptakan suasana puasa yang menyenangkan. Agar anak tidak fokus pada rasa laparnya, buatlah kegiatan-kegiatan yang menarik, mudah dan tidak melelahkan.
  5. Siapkan makanan sesuai kesukaan dan keinginan anak pada saat sahur maupun berbuka. Makanan yang diberikan kepada mereka tentu saja makanan sehat yang mengandung unsur 4 sehat lima sempurna.
  6. berikanlah reward pada setiap hasil capaian puasanya. Reward bukan dalam artian memberikan hadiah setiap hari. Dengan ucapan yang dapat menumbuhkan rasa bangga anak pun dapat menjadikan reward. 
  7. Selalu memberikan semangat kepada anak-anak saat mereka ribut hendak berbuka.

Memang sulit mengajak anak-anak yang masih berusia dini untuk berpuasa. Namun orang tua tetap harus melakukan  pembiasaan  berpuasa kepada anak-anak mereka sehak dini. Kesabaranmelatih adalah kunci utama dalam melakukan pembiasaan di samping hal- hal yang sudah disampaikan tadi. SelamatBerpuasa.

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x