Hobi Pilihan

Boneka Horta, Mainan Bernilai Edukasi

17 September 2018   18:06 Diperbarui: 17 September 2018   19:14 803 3 1
Boneka Horta, Mainan Bernilai Edukasi
DOK.PRIBADI

Apasih  mainan itu?

Ya, tentu tidak asing lagi bagi kita dari muda, tua sampai kalangan anak kecil. Semua pasti tahu mainan merupakan alat atau saranan yang digunakan untuk melakukan suatu permainan. Misalnya dalam permainan game online pasti memerlukan sarana seperti gawai, laptop dan alat elektronik lainnya. Karena semakin berkembangnya zaman, pasti mainan-mainan anak juga semakin berkembang pesat.

Tapi para orangtua sebaiknya memikirkan setiap mainan yang dimiliki anak. Begitu banyaknya jenis mainan, terkadang tidak semua maianan itu memiliki nilai edukasi. Untuk mendukung tumbuh kembang generasi anak-anak saat ini dibutuhkan mainan yang memiliki nilai seni maupun edukasi. Salah satunya adalah Boneka Horta

Apasih yang dimaksud boneka horta?

Boneka horta atau yang sering di sebut boneka hortikultura ini merupakan boneka yang didesain khusus sebagai mainan yang memiliki nilai edukasi. Karena boneka horta ini mudah dibuat, bahan-bahannya juga mudah di jumpai. Hal ini membuat setiap orang yang membuat terutama generasi muda saat ini semakin kreatif dan memiliki inovasi untuk membuat macam-macam boneka horta.

Boneka horta ini merupakan boneka yang terbuat dari bahan-bahan organik dan boneka ini akan tumbuh tanaman seperti rumput, gandum, maupun padi sesuai benih apa yang kita masukan di dalam boneka horta ini.

Perkembangan zaman yang semakin maju, dalam dunia pendidikanpun semakin dituntut untuk berkreasi dalam hal pembelajaran. Contohnya pelajaran kewirausahaan. Contohnya SMK Negeri 1 Bawen. 

Sekolah Menengah Kejuruan ini mulai mengembangakan boneka horta sebagai ajang pembelajaran yang menarik, selain memiliki nilai edukasi kreasi boneka hortapun memiliki nilai ekonomis yang tinggi pula. 

Siswa siswi SMK Negeri 1 Bawen khususnya pada jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, mulai antusias ketika membuat kreasi boneka horta ini. Mereka mendesain sesuai keinginan siswa siswi tersebut. Siswa siswi SMK N 1 Bawen dalam pembuatan boneka horta menggunakan benih padi. Selain mudah tumbuh benih padi juga mudah didapatkan.

dokpri
dokpri
Bagaimana pembuatan boneka horta?

Berikut adalah cara- cara sedehana pembuatan boneka horta:

Pertama adalah menyiapkan alat dan bahan:

Bahan

1. Grajen kayu

2. Benih rumput, padi, gandum dll

3. Kain stocking atau kaos kaki bekas

4. Talu rami atau pita berwarna

5. Air

Alat

1. Sekop

2. Pot

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2