Mohon tunggu...
Febrianiko Satria
Febrianiko Satria Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Iqra

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Manfaat Mendongeng yang Bagus untuk Anak Ayah dan Bunda Terutama di Masa Pandemi COVID-19

20 Maret 2021   21:55 Diperbarui: 20 Maret 2021   22:03 166 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi pribadi penulis

Ayah dan Bunda sekalian, bagaimana rasanya menghabiskan banyak waktu di rumah selama masa pandemi? Apakah merasa susah untuk mengurus anak-anak terutama belajar daring, atau semakin akrab dengan anak-anak? Saya harap hubungan Ayah dan Bunda semakin erat ya dengan anak-anak.

Ada beberapa kegiatan yang sejatinya bisa dilakukan Ayah-- Bunda selama pandemi ini. Salah satunya adalah mendongeng. Mendongeng adalah kegiatan bercerita kepada anak-anak. Ayah dan Bunda bisa bercerita tentang  hewan seperti Kancil dan Buaya, atau cerita asal muasal tempat seperti Asal Muasal Tangkuban Perahu. Bisa juga mendongengkan tentang kisah-kisah mengesankan yang terjadi di keluarga Ayah dan Bunda.

Nah Ayah dan Bunda sekalian ternyata Mendongeng juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk anak-anak. Berikut ini beberapa manfaat baik mendongeng yang bagus untuk anak-anak:

1. Membuat anak-anak tertarik dan semangat membaca

Sebelum mengajarkan anak mengeja huruf di TK atau SD ada baiknya Ayah dan Bunda sekalian untuk mendongengkan sebuah cerita sebelum tidur. Bisa melalui buku bergambar atau Ayah dan Bunda mengambil dari internet, atau bisa Ayah dan Bunda mengarang sendiri. Dengan kita mendongengkan sebuah cerita terutama dari buku, kita bisa melatih anak-anak membaca dengan cara yang menyenangkan.

2. Mewariskan Sejarah dengan Cara Menyenangkan

Barangkali Ayah dan Bunda atau Kakek dan Nenek memiliki pengalaman mengesankan dan tak terlupakan ketika masa muda. Nah ada baiknya Cerita-cerita ini bisa kita teruskan ke anak kita dengan cara didongeng.

Perlu diketahui berbagai cerita rakyat seperti asal usul suatu tempat (Danau Toba, Tangkuban Perahu dan lain-lain) sejatinya adalah suatu rekaman peristiwa sejarah. Agar rekaman sejarah ini tidak hilang dibuatlah cerita yang menarik dan dituturkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Tentu akan bahaya kalau sejarah atau peristiwa yang penting untuk keluarga dan kelompok masyarakat terputus begitu saja. Untuk itu bisa Ayah dan Bunda mendongengkan sejarah keluarga ini.

3. Mendekatkan Hubungan antara Orang Tua dengan Anak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan