Mohon tunggu...
Niko Simamora
Niko Simamora Mohon Tunggu... Pengajar - Menulis

@nikomamora~\r\nnikosimamora.wordpress.com~\r\nniko_smora@live.com\r\n

Selanjutnya

Tutup

Sosok Artikel Utama

AHY dan Kepemimpinan yang Dibentuk

4 Agustus 2018   17:30 Diperbarui: 8 Agustus 2018   14:41 1502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Agus Harimurti Yudhoyono ketika memberikan orasi/tribunnews.com

Sejak lahir, tentu kita senang sekali bila dimotivasi oleh  orang tua kita. Seperti yang saya rasakan, orang tua saya selalu memberikan dorongan dalam setiap hal yang saya lakukan. "Anakku ini sangat pintar!" Begitu kata-kata motivasi yang sering mereka sampaikan sambil mengelus-elus punggung saya. Tanpa sadar, ternyata itu memberikan afirmasi kepada alam bawah sadar saya memang bisa pintar.

Ya. Saya merasa termotivasi dan melakukan segala sesuatu dengan tujuan untuk membuktikan bahwa apa yang mereka ucapkan terbukti adanya. Dan, meskipun tidak jenius, saya bersyukur bisa mengikuti jenjang pendidikan dari dasar hingga tinggi.

Tetapi sebaliknya, saya pun mengingat bahwa ketika saya melakukan kesalahan, saya menerima konsekuensi yang membuat saya harus jera untuk melakukan kesalahan yang sama. Hukuman yang paling mendidik memang datang dari orang tua yang tulus untuk memberikan pendidikan yang terbaik dan terutama dalam keluarga.

Setelah beranjak dewasa, kita bisa memahami bagaimana pendidikan di keluarga membentuk kita. Bila orangtua dengan segala ketulusannya sudah memberikan yang terbaik, maka keturunannya pun harus bisa menunjukkan kebaikan. Orangtua pun tidak harus memaksakan kehendaknya, namun bisa memaklumi keinginan anak karena sudah menyiapkan bekal yang baik.

Dengan demikian, kita menjadi bagian sebuah pendidikan yang komprehensif dan ketika keluar rumah, kita bisa menjaga sikap. Menjaga nama baik keluarga.

Tidak ada keluarga yang sempurna! Pun tak ada manusia yang sempurna. Ungkapan yang menunjukkan bahwa setiap keluarga dan individu yang terdapat di dalamnya memiliki ciri khas masing-masing. Tidak dapat dipaksakan, cukup untuk dimengerti.

Lalu apa hubungannya dengan judul di atas? Saya ingin menyoroti bahwa peran orangtua memang sangat besar dalam pertumbuhan anak. Namun, ketika beranjak dewasa, hubungan orangtua dan anak sebaiknya jadi partner untuk sama-sama membangun dan menjaga nama baik keluarga.

Agus Harimurti Yudhoyono (SBY) menjadi viral karena menjadi bagian dari keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sepuluh tahun sudah menjadi bagian kepemimpinan puncak di negeri ini. Sehingga, apa pun yang dikerjakan oleh AHY, mau tidak mau, suka tidak suka, pasti akan dihubungkan dengan pengaruh SBY.

Manuver-manuver yang dilakukan AHY belakangan ini menjadi cerminan pengaruh SBY. Ayah selalu punya harapan dan keinginan bahwa anaknya bisa melanjutkan apa yang ia kerjakan. Bahkan mungkin sejak kecil, ada yang dipersiapkan untuk bisa menjadi fotokopi sang ayah. Ini terlihat dari gaya AHY yang ditata sedemikian menjadi penerus SBY.

Dan menjelang tahun politik ini, AHY semakin dipacu untuk ikut dalam kontestasi politik ini. Apapun tantangannya, SBY sebagai ayah sudah siap menjadi backing. SBY mengambil peran sebagai King Maker yang all out memunculkan pemimpin baru. Alhasil, AHY harus siap sebagai yes man untuk setiap strategi yang sudah dirancang.

Ikuti kata-kata ayah! (sumber: beritajatim.com)
Ikuti kata-kata ayah! (sumber: beritajatim.com)
Ambisi atau Obsesi?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun