Mohon tunggu...
Sosbud

Surat terbuka untuk Tim UNBK 2016 PUSPENDIK

11 Februari 2016   11:23 Diperbarui: 27 Februari 2017   20:00 7384 1 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kepada :

Pengelola UNBK 2016 PUSPENDIK

 

Perkenalkan saya Nikodemus Saung. saya adalah Proktor di salah satu sekolah peserta UNBK 2016. Maafkan saya Bapak/Ibu karena telah lancang menulis surat ini untuk Bapak/Ibu. ini adalah wujud kegelisahan dan kekuatiran saya (dan juga mungkin saja oleh teman-teman proktor lain) atas banyaknya masalah yang terjadi selama simulasi II. Sebenarnya banyak dari kami yang sudah menyampaikan keluhan kami di forum tanya jawab website UNBK tetapi sampai saat saya membuat tulisan ini, tidak ada pihak puspendik yang menjawab/ atau memberikan solusi. Mohon maaf, mungkin pertanyaan kami sepele menurut Bapak/Ibu, tetapi buat kami yang tidak pernah menerima pembekalan tentang aplikasi yang digunakan, itu tentu adalah masalah besar.

Adapun masalah-masalah yang kami temui dalam simulasi tahap II yaitu :

1. Susah dalam melakukan sinkronisasi. Perlu saya informasikan bahwa salah satu server saya baru dapat disinkronisasi pada jam23.30. Sementara itu server yang lain dapat sinkron dengan puluhan kali restart. Saya tidak mau menuduh tapi jika saya dimintai pendapat, saya akan menunjuk server pusat sebagi penyebabnya. Saya memang hanya memiliki bandwith 3MB, tetapi teman saya yang 10MB juga mengalami yang sama. Mohon maaf, ada info yang mengatakan bahwa server Puspendik ditambah kapasitasnya pada tanggal 5 februari (yang seharusnya jadwal kepada sekolah untuk sibkronisasi), tetapi menurut saya sangat tidak tepat melakukan hal itu di tengah banyaknya sekolah yang melakukan sinkronisasi. Toh data sekolah yang akan ikut UNBK sudah lama ada, seharusnya Bapak/Ibu sudah dapat memprediksi bahwa server harus ditambah kapasitasnya, dan dapat dilakukan jauh sebelum jadwal simulasi tahap II.

2. Setelah kami melakukan sinkronisasi dengan tersendat, kami melakukan simulasi. Bersyukur bahwa hari pertama tanggal 10 kemarin berlangsung normal, tetapi hari ini sejak server kami dibuka statusnya OFFLINE, cbt tidak terkoneksi ke internet. Ketika server kami sempat Aktif, ternyata rilis token gak bisa dilakukan. Saya bisa patikan Bapak/Ibu, bahwa koneksi internet saya lancar seperti kemarin. Semua settingan yang ada pun tidak mengalami perubahan, tetapi apa daya, saya hanya bisa menunggu dan menunggu dalam ketidakpastian, dan akhirnya jurus terakhir : simulasi dibatalkan. Mari berandai-andai Bapak/Ibu, jika kejadian seperti ini berlaku saat UN berlangsung, bagaimana solusinya?? mungkin Bapak/Ibu akan menjawab enteng : ujian ulang. tetapi apakah sudah memikirkan juga kerugian yang dialami pihak sekolah dan (terutama) siswa???

catatan : di salah satu group FB yang saya ikuti, banyak sekali teman-teman proktor yang mengalami hal yang sama dengan saya. Apakah kami harus menunggu sampai jam 23.30 (seperti pada saan sinkronisasi) agar dapat melaksanakan simulasi tahap II dengan lancar??

3. Pertanyaan-pertanyaan yang kami sampaikan melalui forum tanya (tidak) jawab di website UNBK tidak pernah (maaf : pernah sekali walaupun yang diberikan hanya penjelasan, bukan solusi) dijawab oleh pihak Bapak/Ibu. kami dibiarkan menunggu dalam kebingungan, tanpa adanya informasi resmi. Dalam hal ini saya memaklumi jika Bapak/Ibu sedang sibuk, tetapi apakah tidak seharusnya Bapak/Ibu menyediakan layanan Help Desk, atau Hotline?? atau apapun semacamnya. Sehingga ada petugas yang bertanggungjawab menjawab berbagai pertanyaan dan keluhan yang disampaikan oleh para Proktor maupun teknisi. Jangan lupa kami mohon jika ada informasi yang hendak disampaikan sekecil apapun, oleh siapapun dalam tim Bapak/Ibu gunakanlah website UNBK sebagai medianya, sehingga semua peserta bisa membacanya.

 

Itulah sekelumit dari masalah yang saya (kami) alami sebagai Proktor UNBK 2016. Dan atasnya kami sangat berharap ada perhatian yang lebih lagi dari Bapak/Ibu yang bertanggungjawab melaksanakan kegiatan ini. Kami berharap dalam waktu yang tersisa dalam jadwal simulasi II ini, permasalahan server pusat bisa diatasi oleh pihak Puspendik, sehingga kami dapat melaksanakan simulasi II dengan lancar dan kami tidak lagi terlalu kuatir akan pelaksanaan UNBK nantinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan