Mohon tunggu...
Nikolaus Anggal
Nikolaus Anggal Mohon Tunggu... Hidup adalah perjuangan

Hidup adalah perjuangan

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Pemimpin Berkualitas Dipilih Rakyat yang Berkualitas pada Pilkada Serentak 2020

30 Juli 2020   04:50 Diperbarui: 30 Juli 2020   05:08 61 15 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemimpin Berkualitas Dipilih Rakyat yang Berkualitas pada Pilkada Serentak 2020
dok. pribadi

Pilkada serentak 2020 merupakan pesta rakyat. Dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Baik atau buruknya seorang pemimpin sangat ditentukan oleh rakyat yang berdaulat. Dalam pesta yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali ini, diharapkan rakyat yang berpesta.

Rakyat diharapkan  mengikuti pesta demokrasi  dalam pilkada serentak 2020 tanpa beban moral, tanpa menerima uang, tanpa mendengarkan bisikan siapa pun dalam menentukan pilihan. Rakyat mendengarkan suara hatinya bebas memilih. Suara hati yang mengarahkan tangan untuk memilih pemimpin yang berkualitas.

Oleh sebab itu, jangan biarkan hati rakyat terkekang dibebani oleh politik uang karena politik uang melumpuhkan hati nurani rakyat, dan mengganggu kegembiraan rakyat yang berpesta. Karena politik uang dalam pilkada bisa mematikan dan melumpuhkan kedaulatan rakyat.

Hasil dari pilkada yang mengandalkan uang dalam berpolitik akan melahirkan pemimpin yang mati yaitu mati rasa, mati kkretivitas, mati inovasi. Kita semua mengharapkan hasil dari pilkada 2020 mendapatkan pemimpin yang berkualitas.

Diiharapkan rakyat pada pesta demokrasi dalam pilkada 2020 menjaga kedaulatan rakyat itu. Siapa lagi yang menjaga kehormatan kedaulatan rakyat kalau bukan rakyat sendiri? Kalau bukan rakyat siapa lagi.

Oleh sebab itu mari kita song-song pesta rakyat dengan gembira tanpa dinodai oleh politik uang yang mematikan demokrasi, mengekang kebasan berekspresi rakyat dalam menentukan pilihan.

Bukan uang yang berkuasa dalam pesta rakyat atau uang yang menguasai suara hati rakyat, tetapi rakyatlah yang berkuasa dalam menentukan memilih pemimpin yang berkualitas, bermutu, dan memiliki amanah.

Pemimpin yang amanah dan berkualitas sesuai harapan rakyat kalau dipilih oleh rakyat yang berpegang teguh pada  kearifan lokal bangsa seperti kebajikan kebaikan hati yang nampak dalam sikap loyalitas pada nilai-nilai utama demokrasi dalam pilkada yang bersifat langsung, umum bebas, rahasia, jujur dan adil.

Pesta rakyat yang dilaksasanakan setiap lima tahun sekali ini, seharusnya menumbuhkan kematangan dan keadaban demokrasi karena memberikan kesempatan rakyat menentukan sendiri pemimpinya dan berlangsung secara damai. Kalau rakyat yang berdaulat dalam pilkada sejatinya rakyat lebih matang, lebih dewasa, dalam mentukan pilihan tidak dipengaruhi siapapun atau oleh faktor apapun termasuk faktor uang.

Hal inilah yang dianggap penting untuk dingatkan dalam melaksanakan pesta demokrasi. Sehingga pemimpin yang dipilih oleh rakyat yang amanah dan tidak mau suaranya di beli dengan uang karena suara rakyat adalah suara Tuhan. Karena itu rakyat dalam pilkada serentak 2020 sejatinya berpegang pada suara Tuhan melalui suara hati dalam memnetuka pilihannya.

Melalui Pilkada serentak 2020 yang berlangsung umum, bebas, rahasia, adil dan jujur diharapkan melahirkan pemimpin yang bijaksana yang disertai dengan kebajikan-kebajikan sebagai fondasinya berpegang pada kearifan lokal bangsa, berpegang pada nilai moral kebangsaan.

Penulis berkeyakinan Pilkada serentak 2020 akan efektif karena pelaksanaannya dibarengi dengan nilai-nilai moralitas atau nilai-nilai Pancasila. Kita berharap pelaksanaan pilkada serentak di Indonesia yang dilaksanakan 2020 dilaksanakan tanpa politik uang agar demokrasi rakyat ini mampu melahirkan pemimpin berkualitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN