Mohon tunggu...
Nikolas Anova
Nikolas Anova Mohon Tunggu...

Mahasiswa jurusan Statistika asal : Ponorogo, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Alat Sinkronisasi Teknologi dengan Alam

7 April 2012   01:34 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:56 283 0 0 Mohon Tunggu...



Dewasa ini, semakin maju teknologi yang tercipta. Teknologi yang ada sudah sangat membantu pekerjaan manusia. Kemajuan pesat dimulai pada revolusi Industri Inggris dan sampai sekarang masih terus berlanjut. Akan tetapi, perkembangan teknologi yang ada sering menyebabkan hal buruk pada alam. Sering inovasi teknologi itu menyebabkan rusaknya alam. Misal, mesin-mesin industri yang sering mengeluarkan limbah pengrusak lingkungan. Mobilyang gas pembuangannya sangat merusak lapisan ozon, dan masih banyak contohnya.

Semakin banyak yang menyadari hal itu. Dampak rusaknya lingkungan semakin terasa menyesakkan. Para pakar lingkungan mulai melakukan berbagai usaha. Upaya untuk menciptakan teknologi yang ramah lingkungan terus digalakkan. Hasilnya, makin banyak teknologi yang dulunya merusak berubah menjadi ramah pada lingkungan. Misal, lampu bohlam yang sudah disulap menjadi lampu ramah lingkungan, mobil yang gas buangannya tidak merusak alam, hingga bajaj yang sekarang berbahan bakar gas ramah lingkungan.

Taukah bahwa ada peran suatu ilmu pada proses peramahan teknologi pada lingkungan. Ilmu itu selalu terkait dengan data, yaitu statistika. Statistika bisa dikatakan merupakan alat sinkronisasi antara teknologi lain dengan alam. Maksudnya, statistika adalah teknologi yang dapat membantu suatu teknologi lain menjadi lebih ramah dan tidak merusak alam.

Lalu bagaimana statistika dapat melakukan sinkronisasi itu? Perlu diketahui bahwa statistika adalah teknologi yang selalu digunakan dalam proses penelitian. Penelitian itu akan menghasilkan sesuatu yang valid dan ilmiah, apabila mengaplikasikan berbagai metode statistika dengan benar di dalamnya. Sedangkan penelitian wajib dilakukan untuk menginovasi suatu teknologi menjadi lebih bersahabat dengan alam. Semua proses inovasi teknologi bukan terjadi tiba-tiba, tetapi selalu melalui proses penelitian. Mobil yang buangan asapnya masih mengusik alam, bisa saja disihir menjadi akrab dengan alam melalui proses penelitian yang dipenuhi berbagai metode statistika. Sehingga disimpulkan, terdapat peran penting statistika dalam menciptakan teknologi yang sinkron dengan alam.

VIDEO PILIHAN