Mohon tunggu...
Nikodemus HeruPrayuda
Nikodemus HeruPrayuda Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UKSW

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Manfaat Terpendam dari Bumi Cenderawasih

23 September 2019   16:15 Diperbarui: 23 September 2019   17:45 0 2 0 Mohon Tunggu...

'Indonesia adalah Negara agraris', kalimat ini sangat familiar ditelinga kita . Indonesia dikenal sebagai Negara agraris , karena sebagian besar masyarakat Indonesia bermata pencaharian sebagai petani . Selain dikenal sebagai Negara agraris , Indonesia juga dikenal sebagai Negara kepulauan , karena terdiri dari pulau pulau .
Papua....Salah satu pulau yang berada di Indonesia dan memiliki banyak sekali daya tarik . Mulai dari kebudayaannya, masyarakatnya, keindahan alamnya, bahkan kekayaan alamnya baik mineralnya maupun SDA- nya. Kekayaan alam dipapua sudah tidak diragukan lagi.

Freeport, siapa yang tidak mengenal Freeport? Salah satu perusahaan tambang terkemuka yang memiliki kantor pusat di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Perusahaan ini telah menandatangani kontrak panjang dengan Indonesia. Freeport  beroperasi di pegunungan Sudirman, kabupaten Mimika, provinsi Papua, Indonesia. Mereka menambang,memproses biji tambang, emas dan perak, dan memasarkan nya ke pasar internasional.

Selain kekayaan materialnya, Papua juga dikenal karena tanahnya yang subur. Disini banyak ditumbuhi tanaman tanaman  mulai dari yang biasa sampai yang langkah, contoh tanaman langkah yang tumbuh di tanah papua adalah anggrek hitam papua, anggrek stuberi, musa ingens, anggrek besi, buah merah, dan bunga jenggot.

Sagu.... Sagu adalah salah satu tanaman endemic dari Indonesia bagian Timur, khususnya di Papua. Sagu sebenarnya adalah tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat bahkan kita dapat memanfaatkan sagu mulai dari bagian akar sampai pada daunnya. Pohon sagu juga memiliki manfaat seperti pohon lainnya yakni sebagai penghasil oksigen bahkan pohon sagu menghasilkan oksigen lebih besar dari pada tanaman lainnya.

Daun dari pohon sagu dapat dimanfaatkan menjadi bahan pembuatan atap rumah ( pada rumah -- rumah adat) dan juga dapat dibuat menjadi keranjang atau tiker. Selain itu daun dari pohon sagu juga dapat dibuat menjadi punting pada rokok

Pelepah daun sagu dapat dibuat menjadi tali dengan menganyamnya. Getahnya dapat dimanfaatkan menjadi lem.
Bagian batang dan kulitnya pun dapat dimanfaatkan menjadi kayu bakar.

Untuk buah dari tanaman sagu dapat dimakan dengan  di olah menjadi tepung. Tepung sagu memiliki banyak manfaat antara lain : kaya akan kandungan pati namun untuk gizi lain kurang, memiliki indeks gula yang lebih rendah dari nasi  sehingga tidak menyebabkan kegemukan danb dapat dimanfaatkan oleh orang yang sedang diet, dapat mengurangi resiko kanker usus, mengandung serat sehingga baik bagi pencernaan, mengandung fospor sehingga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang.

Sebenarnya di dalam batang dari pohon sagu terdapat binatang yang hidup didalamnya, biasanya disebut dengan nama ulat sagu oleh masyarakat setempat. Ulat sagu bisanya dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk dijadikan lauk, jadi bukan hanya buahnya saja yang dapat dimakan tapi hewan yang hidup di dalamnya juga dapat dimakan.

Ampas dari sagu pun tidak dibuang begitu saja, kita dapat memanfaatkan ampas sagu menjadi makanan bagi hewan ternak.
Serat sagu pun dapat dimanfaatkan menjadi bahan bangunan, yaitu dengan cara mencampurkan serat ssagu dengan semen.

Selain manfaat diatas, ternyata sagu juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting yakni sagu dapat dimanfaatkan menjadi bahan bakar. Seperti yang kita ketahui, ketersediaan bahan bakar minyak di bumi ini sudah mulai berkuranga apalagi untuk mendapatkan minyak bumi yang baru bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkanya apalagi untuk membuatnya dibutuhkan waktu sampai puluhan bahkan ratusan tahun. Oleh sebab itu, pemanfaatan energi nabati sangatlah diperlukan, salah satunya dengan memanfaatkan sagu menjadi energy nabati.

Selain untuk menggantikan pemakaian minyak bumi, pengolahan sagu menjadi energy nabati juga dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat local, ini disebabkan karena pengolahan sagu sampai bisa dimanfaatkan menjadi energi siap pakai memerlukan prosesyang panjang dan tenaga SDM yang sangat banyak.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x