Mohon tunggu...
NIKMAWATI NURKUIKA
NIKMAWATI NURKUIKA Mohon Tunggu... Guru - Ketua Penggerak Komunitas Belajar "Maju Bersama Mencerdaskan Anak Bangsa (Guru Berbagi SMPN 10 BOLMUT)"

Nikmawati Nur Kuka adalah seorang guru Bahasa Inggris yang berdedikasi, kreatif, dan inspiratif. Dia memiliki passion dalam mengajar dan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi siswanya. Dia adalah aset berharga bagi sekolah dan komunitasnya. Karakteristik: 1. Bersemangat dan Antusias: Memiliki passion dalam mengajar Bahasa Inggris dan selalu berusaha menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. 2. Kreatif dan Inovatif: Selalu mencari metode dan strategi pembelajaran baru untuk meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. 3. Sabar dan Pengertian: Memahami berbagai tingkatan kemampuan siswa dan selalu siap membantu mereka yang mengalami kesulitan. 4. Tegas dan Disiplin: Memiliki aturan dan ekspektasi yang jelas di kelas, dan memastikan semua siswa mengikuti aturan tersebut. 5. Peduli dan Mendukung: Menaruh perhatian pada setiap siswa dan berusaha membantu mereka mencapai potensi terbaik mereka. Pencapaian: 1. Memiliki pengalaman mengajar Bahasa Inggris selama beberapa tahun. 2 .Berhasil meningkatkan nilai Bahasa Inggris siswa di kelasnya. 3. Mendapatkan penghargaan sebagai guru berprestasi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru di Balik Kurikulum Merdeka

2 Februari 2024   17:50 Diperbarui: 2 Februari 2024   17:53 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kurikulum Merdeka, sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan Indonesia, telah menjadi perbincangan hangat sejak diluncurkan pada tahun 2022. Di balik kurikulum ini, terdapat sosok-sosok pahlawan pendidikan yang tak kenal lelah dalam merumuskan dan menyempurnakannya, yaitu para guru.

Peran Penting Guru dalam Kurikulum Merdeka

Guru bukan hanya sebagai pelaksana kurikulum, tetapi juga sebagai agen perubahan yang memiliki peran penting dalam menyukseskan Kurikulum Merdeka. Mereka dilibatkan dalam berbagai tahap pengembangan kurikulum, mulai dari penyusunan dokumen, pelatihan, hingga implementasi di lapangan.

Dedikasi dan Kreativitas Guru

Para guru menunjukkan dedikasi dan kreativitasnya dalam mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Mereka merancang pembelajaran yang berpusat pada murid, menggunakan berbagai metode dan sumber belajar yang menarik, serta memberikan ruang bagi murid untuk berkreasi dan mengembangkan potensinya.

Tantangan dan Dukungan

Meskipun demikian, para guru juga menghadapi berbagai tantangan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Kurangnya waktu dan pelatihan, keterbatasan sumber daya, serta perubahan paradigma pembelajaran menjadi beberapa contoh tantangan yang dihadapi.

Untuk itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah, kepala sekolah, dan masyarakat, agar para guru dapat menjalankan Kurikulum Merdeka dengan optimal. Dukungan tersebut dapat berupa pelatihan yang berkelanjutan, penyediaan sumber belajar yang memadai, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Apresiasi untuk Guru

Pada Hari Guru Nasional tahun 2023, marilah kita memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para guru atas dedikasi dan perjuangannya dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Mereka adalah pahlawan pendidikan yang berperan penting dalam membangun generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, dan berkarakter.

Kisah Inspiratif Guru Penggerak Kurikulum Merdeka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun