Mohon tunggu...
NIKMATUS ZAHRO
NIKMATUS ZAHRO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi PIPS UIN Malang

A girl who is blessed with beauty and intelligence

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ini Dia Tips Belajar Buat Kamu yang Anak Kuliahan

22 September 2022   18:21 Diperbarui: 22 September 2022   18:24 150 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

   Masa kuliah adalah masa yang menurut banyak orang "terlihat" menyenangkan. Masa dimana tidak harus pakai seragam, tidak harus masuk pagi, banyak liburnya, bisa merajut asmara, dsb. Namun, apakah dunia perkuliahan semenyenangkan itu? Nyatanya dunia kuliah tidaklah sama seperti FTV di layar kaca. Realita nya mahasiswa harus mengerjakan banyak tugas, rapat, seminar, dsb.  Tentu hal tersebut menyita banyak waktu. Lalu bagaimana tips agar bisa tetap belajar di tengah berbagai kesibukan. Berikut ini adalah tips belajar buat kamu yang anak kuliahan. 

 a.Print/fotocopy/catat materi dari dosen

    Materi yang diberikan oleh dosen adalah hal penting yang harus diingat dan dipelajari dengan baik oleh mahasiswa. Untuk itu jangan lupa untuk mencetak atau fotocopy atau mencatat materi yang diberikan oleh dosen. Dengan begitu materi perkuliahan dapat dipelajari sewaktu-waktu serta memudahkan kita jika ada ujian dan sebagainya.

b.Sempatkan review materi

   Agar pemahaman semakin kuat, maka usahakan untuk mereview materi yang diajarkan dosen di kelas. Review materi bisa dengan membaca ulang pelajaran, meresume materi, mengerjakan soal, melihat video pembelajaran, dsb. Cara-cara tersebut bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

 c.Segera kerjakan tugas

     Tiada hari tanpa tugas. Semakin tinggi semester perkuliahan biasanya akan semakin banyak tugas yang diberikan. Oleh karena itu, segera kerjakan tugas yang telah diberikan oleh dosen. Menunda-nunda mengerjakan tugas justru akan membuat pekerjaan menumpuk dan akhirnya tidak ter-cover dengan baik. Kerjakan dari tugas yang lebih mudah dulu, baru ke tugas yang lebih sulit.

d.Buat to do list

    Agar kegiatan belajar tidak terganggu dengan kegiatan lain, maka buatlah to do list. Dengan to do list kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan lebih terjadwal dan mencegah kelalaian. To do list bisa ditulis di kertas kecil, buku agenda, ataupun di smartphone. Dengan dibuatnya to do list, maka kita juga bisa belajar untuk me-manage waktu.

e.Manfaatkan internet

    Di era yang serba digital, kita dapat mengakses banyak hal melalui internet. Sebagai mahasiswa, manfaatkan keberadaan internet itu dengan baik. Dengan internet kita bisa membaca buku, mencari referensi, menulis artikel, dsb. Keberadaan internet sangat membantu dalam proses belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan