Mohon tunggu...
niken nawang sari
niken nawang sari Mohon Tunggu... Niken Nawang Sari, freelancer yang suka menuliskan tentang sejarah

Penggemar bangunan peninggalan kolonial dan sejarahnya yang sedang belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Dari Biocolours untuk Anak Negeri

17 Februari 2019   22:30 Diperbarui: 17 Februari 2019   23:28 0 6 5 Mohon Tunggu...
Dari Biocolours untuk Anak Negeri
Meja yang sudah dicat oleh anak-anak. Copyright : Dimas Anggoro

Deru mesin pesawat yang bercampur dengan suara sang MC yang memandu acara di halaman depan museum Dirgantara Mandala membuat pagi itu terasa sangat sibuk. Anak-anak usia sekolah menengah terlihat mondar mandir dari stand ke stand di depan panggung utama, sementara itu anak-anak usia taman kanak-kanak yang menggunakan seragam ungu mulai duduk di bawah pepohonan rindang bersama gurunya. 

Terlihat beberapa orang berseragam biru sedang mempersiapkan meja lipat. Dokpri
Terlihat beberapa orang berseragam biru sedang mempersiapkan meja lipat. Dokpri
Tidak jauh dari tempat mereka, terlihat beberapa orang berseragam biru tengah mempersiapkan sesuatu. Tulisan bioindustries terlihat di seragam biru yang mereka kenakan. Ternyata mereka adalah tim dari Bioindustries yang akan mengajak anak-anak untuk mewarnai meja menggunakan cat.

Meja lipat yang berjumlah ratusan itu ditata dengan rapi oleh tim dari bioindustries. Sebagian dari mereka ada juga yang sibuk menata cat dan kuas di stand biocolours

Suasana sibuk tanggal 14 Februari di depan Museum Dirgantara Mandala ternyata merupakan rangkaian acara Depok Edu Fair 2019. Acara ini menampilkan berbagai stand sekolah menengah, stand cemilan dan stand biocolours dengan berbagai cat andalannya. Setelah MC mempersilahkan anak-anak untuk mengecat meja di stand biocolours, suasana sibuk di depan panggung terpecah. Hampir semua orang menuju stand biocolours. 

Anak-anak usia sekolah menengah sedang mengecat meja. Dokpri
Anak-anak usia sekolah menengah sedang mengecat meja. Dokpri
Kali ini biocolours mempersiapkan cat untuk kayu dan sejenisnya yang bernama bioduco calkpaint dan biovarnish. Warna yang disajikan berupa warna-warna pastel seperti pastel green dan lavender. Salah satu keunggulan cat yang digunakan kali ini adalah water based yang berfungsi untuk menutup, melapisi, memperbaiki tekstur, struktur dan warna dari permukaan substrat. 

Salah satu cat yang digunakan oleh anak-anak dalam mengecat meja adalah bioduco calkpaint. Dokpri
Salah satu cat yang digunakan oleh anak-anak dalam mengecat meja adalah bioduco calkpaint. Dokpri

Selain itu, kemasan bioduco calkpaint 400 gram merupakan kemasan ekonomis. Buat siapapun yang suka mewarnai interior rumah dengan warna pastel yang warna warni tapi tetap lembut saat mata memandang cocok sekali jika memilih bioduco calkpaint. Produk keluaran bioindustries ini juga diformulasikan sesuai standar ECHA dan US-EPA, serta bisa diaplikasikan menggunakan kuas atau spray gun

Kenapa Anak-Anak Diajak Ngecat Meja? 

Program 1000 meja untuk anak negeri merupakan program yang dijalankan oleh tim Bio Peduli dalam membantu anak-anak di daerah bencana. Program ini menggandeng beberapa mitra bisnis bioindustries dan relawan. 

Dari program ini, meja-meja yang sudah dicat oleh anak-anak akan dikirimkan ke daerah bencana seperti di Lombok. Harapannya agar anak-anak di Lombok yang terdampak bencana tetap bisa bersekolah dengan menggunakan meja untuk menulis, walaupun di sekolah darurat.

Meja yang sudah diwarnai dan foto bersama tim bioindustries. Dokpri
Meja yang sudah diwarnai dan foto bersama tim bioindustries. Dokpri
Anak-anak masih terlihat bersemangat saat matahari mulai tegak diatas kepala. Sebagian besar dari mereka masih menggoreskan kuasnya di meja. Bahkan anak usia pra sekolah juga ada yang ikut ngecat meja. Menuangkan sebuah karya menggunakan kuas tanpa dibebani pemilihan warna apapun adalah hal yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2