Mohon tunggu...
Niken Anggraini
Niken Anggraini Mohon Tunggu... Wiraswasta - podcast: anchor.fm/saya-niken

Arek Suroboyo

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Bikin Pecel Punten

30 Mei 2021   11:46 Diperbarui: 30 Mei 2021   12:04 38 4 1 Mohon Tunggu...

Dulu pernah makan Pecel Punten di daerah Blitar dan Tulungagung. Karena sudah lama banget nggak makan lagi, akhirnya beberapa waktu yang lalu ibu saya membuatkannya untuk saya. Dan inilah hasilnya. Berikut resepnya:

Bahan:
* Beras
* Santan
* Garam
* Tauge
* Bayam
* Kubis
* Kacang tanah
* Gula merah
* Asem
* Bawang putih
* Kencur
* Cabe merah
* Cabe rawit
* Daun jeruk

Cara membuat:
* Membuat Punten: masukan beras yang sudah dicuci ke dalam rice cooker. Beri santan dan garam. Masak sampai matang. Setelah nasi matang, padatkan nasi tersebut. Kami kemarin memadatkannya pakai lesung/lumpang kayu kecil. Kami tumbuk biar padat. Kalau nggak ada lesung bisa disiasati pake baskom terus di tekan-tekan dengan ulegan. Setelah itu sisihkan. Punten ini nanti bentuknya mirip dengan jajanan Tetel/Jadah/Uli. Boleh diiris rapi dengan pisau. Atau dipotong-potong asal aja dengan sendok. Saya waktu mau makan tempo hari itu cuma pakai sendok aja motongnya. Nggak beraturan sih bentuknya. Tapi rasanya tetep enak kok. Hehehe.

* Membuat Sambel Pecel:Goreng kacang tanah, bawang putih, cabe merah dan rawit. Kemudian uleg kacang tanahnya sampai halus. Sisihkan. Setelah itu bawang putih, garam, cabe, kencur, asem, daun jeruk di uleg. Tambahkan juga gula merahnya setelah bumbu halus. Kemudian campur kacang beserta ulegan bumbu tadi. Aduk sampai tercampur merata.

* Penyajiannya: Taruh di piring potongan Punten. Tambahkan sayuran yang sudah direbus ke atas piring tersebut. Sebenarnya sayurnya bisa apa aja sih ya. Ini kebetulan kami adanya cuma ini aja. Bisa ditambahkan sayuran lain jika punya. Seduh Bumbu Pecel tadi dengan air dan aduk sampai menyerupai saus kacang. Siram ke atas sayurannya. Tambahkan kerupuk. Kalau ada telur goreng bolehlah ditambahkan. Biar makin nikmat. Selamat mencoba.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN