Mohon tunggu...
Mia Kurniawati
Mia Kurniawati Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Mahasiswi jurusan Public Relations-Universitas Budi Luhur. Sagat suka membaca dan menulis. Mempunyai mimpi besar untuk menjadi pengusaha di bidang komunikasi kelak. Salah satu anggota Merry Riana Campus Ambassador dan siap menjadi inspirasi di masa depan :-)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Metode Drama dalam Pembelajaran Presentasi, Lobi, dan Negosiasi Universitas Budi Luhur

11 Juni 2012   14:20 Diperbarui: 25 Juni 2015   04:06 1231 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Metode Drama dalam Pembelajaran Presentasi, Lobi, dan Negosiasi Universitas Budi Luhur
1339424194571791590

Presentasi, Lobi dan Negosiasi adalah salah satu mata kuliah wajib untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi konsentrasi Public Relations. dalam mata kuliah Presentasi, Lobi dan Negosiasi ini diajarkan bagaimana cara melakukan presentasi yang benar, Lobi yang sukses dan Negosiasi. Ketiga item ini sangat diperlukan dalam dunia kerja, terutama dunia kerja Public relations..

Begitu banyak teori dalam pembelajaran mata kuliah ini, ketiga item ini mempunyai cara-cara dan teori tersendiri. Namun, metode pengajaran yang dilakukan oleh dosen Presentasi, Lobi dan Negosiasi di Universitas Budi Luhur, yang juga berprofesi sebagai Manager Public Relations Universitas Budi Luhur, ibu Linda Islami menggunakan metode drama. Metode ini dilakukan dengan cara mengelompokan mahasiswa menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok di berikan tema, misalnya tema Lobi dan Negosiasi untuk sponsorship, mempersiapkan MOU antarperusahaan, membuat janji dengan pemerintah, dll. Dari berbagai tema diatas, mahasiswa mempersiapkan Drama atau Role Play yang ditampilkan di depan kelas.

Dalam membuat sebuah alur cerita drama, mahasiswa dituntut untuk memahami bagaimana cara Lobi dan Negosiasi yang baik.  Dengan cara praktek seperti ini, mahasiswa dimudahkan untuk memahami aktivitas Lobi dan Negosiasi Public relations yang sebenarnya.

Ini adalah salah satu contoh metode pengajaran praktek yang dapat diaplikasikan. Belajar bukan hanya masalah penguasaan teori sebanyak-banyaknya, melainkan bagaimana cara mengkombinasikan teori dan praktek dengan mencampurkan unsur-unsur yang menyenangkan di dalamnya..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan