Mohon tunggu...
Tatang Tarmedi
Tatang Tarmedi Mohon Tunggu... Jurnalis - Untuk share info mengenai politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Hidup akan jauh lebih bernilai, jika kau punya sebuah tujuan penting.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

DLHK Kabupaten Sumedang Tak Berdaya Hadapi Masalah Sampah

1 Oktober 2022   06:44 Diperbarui: 1 Oktober 2022   06:48 197 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DinasLingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang. tampaknya kian tak berdaya hadapi masalah sampah. Ironisnya, dalam situasi demikian, Bupati H.Dony Munir berambisi Sumedang bisa raih Adipura untuk yang ketiga kalinya.

Ketidak berdayaan DLHK Sumedang terlihat jelas di kawasan Industri Jatinangor dan Cimanggung. Banyak selokan dan parit-parit pembuangan air yang dipadati sampah. Upaya pemerintahan desa setempat seolah tidak mendapat dukungan maksimal dari DLHK.

Seperti yang terjadi di Desa Sawahdadap Kecamatan Cimanggung. Selokan berbatasan dengan benteng PT Dwipapuri dipadati sampah. Menurut Kaur Kesra Pemdes Sawahdadap, pihak desa pernah ingin buat TPSA di lahan Dwipapuri, namun pihak perusahaan merasa keberatan.

Masalah sampah pun membebani Pemdes Mangunarga Kecamatan Cimanggung. Selokan yang berbatasan dengan Desa Sawahdadap penuh denga sampah. Di desa Mangunarga pun banyak ditemukan tempat-tempat pembuangan sampah liar. Upaya Kades Mangunarga diantaranya gelar sayembara berhadiah setengah juta rupiah bagi siapa saja yang bisa menangkap basah si pembuang sampah.

Pihak DLHK Sumedang melalui Kepala Dinas Ir Yosep Suhayat sebagaimana yang dilansir AMC.co.id tidak kurang tidak lebih mengatakan "  bilangin ke Bupati, tolong itu sarana dan prasarananya diperhatikan." katanya. ( Tang )

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan