Niyyatinur Efendi
Niyyatinur Efendi Pegawai Negeri sipil

Menulis adalah pekerjaan yang amat sangat menyenangkan. 'salah satu cara untuk menguatkan diri, terapi dan penegasan eksistensi'... MENULIS ADALAH KEBUTUHAN

Selanjutnya

Tutup

Media

Semangat Berbagi di Instagram

13 Maret 2018   12:41 Diperbarui: 13 Maret 2018   12:46 455 2 1
Semangat Berbagi di Instagram
dokumentasi pribadi

"Adapun dengan nikmat Rabb-mu, maka ceritakanlah" : Adh- Dhuha ayat : 11

Media sosial (social media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking). Salah satu media sosial yang berjaya sekarang adalah instagram. Instagram merupakan sebuah aplikasiberbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Kata "insta" berasal dari kata "instan", seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan "foto instan". Sedangkan untuk kata "gram" berasal dari kata "telegram" yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram merupakan lakuran dari kata instan dan telegram. Instagram dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan Internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Dalam berbagi foto, para pengguna dapat juga membagi foto instagram tersebut melalui jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, dan Flickr yang tersedia di halaman Instagram. Instagram memungkinkan penggunanya berbagi foto dan akan diterima secara cepat oleh penguna lainnya.

Keberadaan media aplikasi berbagi foto membuka peluang bagi penggunanya menyajikan berbagai jenis karya foto dari pemula hingga karya profesional. Kompetisi karya foto mulai bertebaran, peminatnya kian bertambah. Berbagai komunitas fotografi bermunculan, bersinergi dalam rangka meningkatkan kemampuan Fotografi dan membangun koneksi.

Semangat berbagi merupakan wujud rasa syukur, dalam rangka menebar manfaat. Bersyukur atas nikmat yang diperoleh diwujudkan dalam bentuk berbagi dengan orang lain. Bersyukur (menghargai nikmat) dengan perbuatan. Ibnul-Qayyim mengatakan ada 2 (dua) cara menghargai nikmat dengan perbuatan. Pertama: menceritakan nikmat tersebut, dan kedua: menggunakan nikmat tersebut dalam hal yang diridhai Allah. Berbagi informasi merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah swt. Informasi yang berguna akan menginspirasi orang untuk melakukan kebajikan. Pemanfaatan di jalan yang benar, dalam porsi tepat dan tidak berlebihan akan menambah nikmat dan keberkahannya.

Menghargai nikmat dengan menceritakannya kepada orang lain melalui instagram merupakan salah satu bentuk syukur. Penikmat foto akan menikmati capture momen tertentu yang semakin meningkatkan rasa syukurnya terhadap pemberi nikmat. Bukankan semua fenomena adalah "ayat-ayat" tanda-tanda kekuasaan Allah.