Mohon tunggu...
Nia safira
Nia safira Mohon Tunggu... Tadris bahasa inggris-iain jember

semangat dalam mencapai cita-cita

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hakikat Pendidik dalam Dimensi Pendidikan

1 April 2020   07:23 Diperbarui: 1 April 2020   07:37 26 1 1 Mohon Tunggu...

Hakikat pendidik dalam dimensi pendidikan  adalah seseorang yang mampu memberikan ilmunya kepada orang lain. Juga pendidik adalah komponen yang terpenting dalam lingkup pendidikan. Karena ada 3 komponen yang harus ada dan penting dari lingkup pendidikan yaitu: pendidik, peserta didik, dan wilayah atau lembaga yang menaunginya.

Pendidik memiliki dua arti, yang pertama arti sempit dan yang kedua arti luas. Pendidik dalam arti sempit adalah orang yang disiapkan  dengan  sengaja dijadikan guru atau dosen. Sedangkan pendidik dalam arti luas adalah semua orang yang memiliki kewajiban untuk membina anak- anak. Maksud dari sini, membina sebelum mereka beranjak dewasa. Agar mereka tumbuh dan berkembang secara baik dan tidak melewati batas atau aturan yang salah. Juga pada saat- saat belum dewasa anak- anak dibekali insting sedikit sekali untuk mempertahankan hidup. Maka dari itu di butuhkannya pembimbingan dan arahan.

Pendidik juga harus dihormati oleh masyarakat karena tugasnya yang mulia. Namun, pasti ada pendidik yang professional dan tidak professional.Maka dari itu pendidik juga memiliki syarat tertentu yaitu: 1) Guru memiliki kualifikasi akademik sebagai pemimpin pembelajaran, memiliki kesehatan jasmani dan rohani, serta memiliki tujuan untuk mewujudkan pendidikan yang berbasis nasional, 2) Tingkat pendidikan yang dilakukan oleh seorang guru haruslah disertai bukti ijazah dan sertifikat yang diperoleh pada saat menempuh pendidikan, 3) Memiliki pembelajaran yang bisa diajarkan kepada sekolah dasar, sekolah menengah dan sekolah dini. Ini juga termasuk pendidik yang bisa ditempatkan di bidang sekolah manapun, 4) Seorang pendidik juga tidak harus memiliki ijazah akan tetapi memiliki keahlian khusus bisa di angkat menjadi guru setelah lulus uji kesetaraan.

Jika pendidik sudah memiliki syarat-syarat tersebut maka pendidik itu sudah bisa dikatakan pendidik yang professional. Pendidik yang professional pasti juga akan menjadikan peserta didiknya berilmu, berakhlak dan pastinya bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang ada disekitarnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x