Mohon tunggu...
Siti Kurniati
Siti Kurniati Mohon Tunggu... Pembelajar

menulis, merupakan generasi qurani

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Berbagi, Wujud Solidaritas kepada Sesama

10 Mei 2021   00:01 Diperbarui: 10 Mei 2021   00:01 167 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagi, Wujud Solidaritas kepada Sesama
dok. OSIS SAVAL

Mengutip sebuah hadis dari https://m.merdeka.com yang  berbunyi, "Rasulullah saw adalah orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan ia semakin dermawan saat berada di bulan Ramadan (H.R. Bukhari - Muslim).

Berangkat dari hadis tersebut, pada bakda Jumat dua hari yang lalu (7/5/2021) beberapa orang siswa yang tergabung dalam kepengurusan OSIS SMAN 1 Padalarang, di bawah bimbingan Kepala Sekolah, jajaran Wakasek, dan Pembina OSIS tampak sibuk memasukkan beberapa kebutuhan sembako ke kantong-kantong yang telah disediakan. Kantong-kantong yang sudah diisi paket sembako  tersebut akan dibagikan kepada warga sekolah,  masyarakat Padalarang dan sekitarnya dalam kegiatan SAVAL BERBAGI di bulan suci Ramadan 1442 H.

Kegiatan ini merupakan bentuk kasih sayang dan wujud solidaritas keluarga besar SAVAL  kepada para siswa dan sesama yang membutuhkan, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 ini banyak saudara kita yang terdampak. Di samping itu pula, kegiatan ini ditujukan sebagai ajang mengasah kepekaan hati  bahwa di sana, banyak saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan kepedulian kita.

Kegiatan yang bertajuk SAVAL BERBAGI dari, oleh,  dan untuk Warga SAVAL ini mulai membuka donasi pada 17 April hingga 7 Mei yang baru lalu. Alhamdulillah, donasi yang terbuka untuk umum ini berhasil mengumpulkan sejumlah uang, beberapa bungkus mi instan, beras, minyak goreng, gula pasir, dan roti. Dari beberapa item tersebut, terkumpullah sebanyak 75 paket sembako. Warga yang diutamakan  menerima paket ini adalah siswa kurang mampu, caraka sekolah, dan masyarakat sekitar yang layak menerima donasi ini.

Selanjutnya pada Sabtu (8/5/2021), dengan bimbingan Yuli Tri Wiyanto sebagai Pembina OSIS dan dikomandoi oleh Sang Ketua OSIS, Dinda Dwi, mereka mulai membagikan paket sembako ini kepada yang terdekat: caraka sekolah, anggota keamanan sekolah, dan dilanjutkan ke rumah-rumah siswa yang berada KPAD, Desa Kepuh, Graha, Kampung Andir, jalan Letkol G.A. Manulang, Sudimampir, Sukamaju, Ciburuy, Pamucatan, Gunung Masigit, dan Cipatat.

Wajah-wajah semringah para penerima paket tersebut menyambut kasih sayang para siswa SAVAL dengan gembira. Beribu-ribu ucapan syukur dan doa mereka haturkan atas pemberian yang tak terhingga ini. Nampak beberapa orang tua siswa dan warga menitikkan air mata bahagia seakan hidup mereka kembali tersambung atas nikmat Allah yang diterimanya hari ini. Kemuliaan bulan suci Ramadan terasa begitu meresap atas sedekah yang tidak mereka duga.

Dan berbagi kepada sesama merupakan kewajiban kita yang telah dianugerahi cukup rezeki dari-Nya, terlebih di bulan suci Ramadan ini. Serta dengan dijunjung rasa solidaritas yang tinggi kepada sesama yang membutuhkan sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya seperti yang tertera pada hadis di atas.

Wallahualam bissawab

Padalarang, 27 Ramadan 1442 H.

VIDEO PILIHAN