Mohon tunggu...
Nia Putri Angelina
Nia Putri Angelina Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

In a world where you can be anything, be kind.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Cuci Tangan adalah Salah Satu Proteksi Diri pada Mutasi Virus

4 Januari 2021   10:31 Diperbarui: 4 Januari 2021   10:54 255 23 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

Banyak yang harus dilakukan. Di samping itu, begitu banyak pula kekhawatiran, Mutasi Virus salah satunya. Di beberapa titik, saya merasa kewalahan dan sedikit tidak yakin bagaimana caranya tetap waras. 

Kami ingin tetap sehat. Kami harus tetap sehat dan dapat terhindar dari varian Virus Mutasi. Kemunculan varian baru virus corona, SARS-CoV-2 yang awal mula teridentifikasi di Inggris membuat banyak negara di dunia mengetatkan langkah pembatasan guna mencegah varian baru ini menyebar.

Sebab varian yang diberi nama VUI-202012/01 ini diketahui memiliki kemampuan penularan lebih tinggi, yakni hingga 70 persen.

Ada begitu banyak hal yang tidak bisa kita kendalikan. Mungkin bukan kewenangan kita untuk memutuskan apakah rekan kerja datang untuk bekerja dengan sakit kepala dan demam. Seluruh dunia merasakan ketegangan sekarang. 

Segelintir orang frustasi atau takut, bertanya-tanya kapan hidup bisa terasa lebih normal lagi. Beberapa dari kita terjebak di antara bertanya-tanya apakah kita bereaksi berlebihan atau kurang bereaksi. Ada begitu banyak hal yang tidak diketahui saat ini dan yang bisa kita lakukan hanyalah duduk dan berspekulasi tentang hal tersebut.

Virus Corona adalah krisis kesehatan global yang patut kita berikan atensi lebih. Tapi hal itu tidak perlu kita khawatirkan berlebih pula. Justru sebaliknya, itu menuntut kita untuk lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan. Sejak tahun 1850, mencuci tangan telah diakui sebagai garis pertahanan pertama dalam pencegahan penyakit atau penyebaran virus. Kita perlu melakukan aktivitas sederhana ini sesering mungkin.

thehealthy.com
thehealthy.com

Cuci tangan bisa dan harus dilakukan secara rutin dapat membantu kita mencegah penyebaran virus atau penyakit menular. Petugas kesehatan melakukannya puluhan kali sehari dan harus melakukannya dengan ketelitian. Kamu mungkin tidak mencuci tangan sesering itu, tetapi dapat melakukannya dengan cara yang sama. 

Peneliti di Inggris menyarankan agar setiap orang mencuci tangan setidaknya enam sampai 10 kali sehari sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona.

Melansir BBC (20/5/2020), simpulan tersebut diperoleh setelah ahli dari University College London menganalisis data penularan penyakit pada medio 2006 sampai 2009.

Ilmuwan menemukan virus di tahun tersebut secara struktural mirip dengan galur pandemi Covid-19 yang saat ini mewabah di berbagai negara.

Mengutip dari kompas.com, dalam studi yang dipublikasikan di Wellcome Open Research, ahli meneliti 1.663 objek penelitiannya kemungkinan terinfeksi penyakit lebih kecil jika mereka mencuci tangan setidaknya enam kali sehari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan