Mohon tunggu...
Nia Fatmawati
Nia Fatmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - ''forgive and forget''

sebuah langkah kecil merupakan awal yang begitu panjang.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Akuntansi Tidak Sesulit yang Kamu Bayangkan

26 Januari 2022   21:49 Diperbarui: 26 Januari 2022   21:52 84 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Akuntansi merupakan suatu proses atau sebuah kegiatan, yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari manusia khususnya dalam dunia bisnis. Akuntansi adalah suatu kegiatan tersistem yang dilakukan terus-menerus, untuk dapat mengolah data menjadi laporan yang nantinya akan berguna untuk kepentingan banyak orang. 

Akuntansi berguna bukan hanya untuk pencatatan dalam dunia bisnis saja, tetapi di dalam rumah tangga akuntansi juga sangat diperlukan bagi ibu-ibu rumah tangga.

Belajar akuntansi memang menyulitkan dan membingungkan, karena di dalam setiap pencatatan ke buku besar atau ke dalam jurnal hasilnya harus balance. Tetapi akuntansi tidak sesulit mengenai pembelajaran matematika, dimana matematika itu harus menguasai rumus-rumus yang sangat sulit. Sedangkan akuntansi kita hanya memindah-mindahkan angka ke dalam akun-akun yang telah ditentukan dan kita hanya mengenal pertambahan,pengurangan,pembagian,dan perkalian.

Sebagian orang mengatakan akuntansi merupakan pelajaran horor, mungkin mereka belum mendalami dan mengenal akuntansi makanya bilang gitu, sebenarnya belajar akuntansi ini mudah dan konsep dasar akuntansi itu sederhana. 

Tujuan dari persamaan dasar akuntansi adalah sebagai dasar pencatatan, dimana setiap terjadi sebuah transaksi perlu di catat dalam dua aspek kiri (aktiva) dan sisi kanan (pasiva). Didalam kita ngerjain akuntansi ini juga harus banyak sabar, karena hasilnya yang nantik tidak balance.

Bagaimana cara menyukai pelajaran akuntansi, sebagai berikut :

  • Sebelum belajar dan memahami,jaganlah menganggap bahwa akuntansi itu susah, dan menyebalkan karena itu akan berpengaruh terhadap jiwa dan pikiran saat memahami pelajaran akuntansi.
  • Berdoa dulu sebelum pembelajaran di mulai sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, agar pembelajaran kita di mudahkan oleh allah dan menjadi berkah.
  • Fokus dan rileks, masalah yang sering dihadapi oleh seorang akuntan adalah kurangnya fokus.
  • Memahami tentang konsep dasar akuntansi
  • Berlatih secara rutin

Dimana prioritas pertama dalam mengerjakan suatu hal, yaitu minat merupakan keinginan seseorang tanpa paksaan dari orang lain, dimana kalau seseorang mengerjakan suatu hal tanpa keinginan dari dirinya sendiri pasti akan berhasil, tetapi kalau tidak dari hatinya pasti dia susah mengerjakan sesuatu. jadi di saat kita lagi belajar akuntansi harus dari keinginan hati kita sendiri. 

Motivasi merupakan dorongan yang di miliki seorang individu, yang dapat merangsang untuk dapat melakukan tindakan atau sesuatu yang menjadi dasar kita. Bakat merupakan setiap orang yang sudah diberikan kepandai, untuk mempelajari akuntansi dengan mudah tanpa harus mempelajarinya dengan mendalam. 

Tetapi setiap manusia pasti pandai dalam menghitung-hitung apalagi kalau menghitung uang. Sebenarnya semua manusia pasti pandai dalam akuntansi, hanya saja manusia ini malas dalam pencatatan akuntansi.

Kesimpulan

Akuntansi adalah kegiatan pencatatan yang tersistem untuk mengetahui laporan keuangan pengeluaran dan pemasukan. Sebenarnya pelajaran akuntansi ini tidak sesulit yang dibayangkan oleh orang-orang. Dimana akuntansi ini sangat penting di dunia bisnis dan di kehidupan kita sehari-hari, jadi tidak ada lagi alasan tidak mau belajar akuntansi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan