Mohon tunggu...
Nia Kurniawati
Nia Kurniawati Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa reguler STKIP Muhammadiyah Kuningan

Saya suka dunia anak-anak..

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

PKM PGPAUD Semester 4 STKIP Muhammadiyah Kuningan

12 Mei 2024   22:15 Diperbarui: 12 Mei 2024   22:42 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
PKM Desa Lebakwangi/dokpri

Istilah kegiatan PKM tentu tak  asing lagi di telinga mahasiswa.Pastinya mereka sudah mengetahui apa itu PKM .PKM yang merupakan singkatan dari Program Pengabdian kepada Masyarakat adalah suatu kegiatan akademik yang dilakukan oleh mahasiswa di lingkup suatu daerah dengan harapan dari kegiatan ini,banyak manfaat yang bisa diperoleh.

Diantara manfaat  PKM antara lain :

  • media atau sarana dalam melatih mahasiswa untuk dapat hidup bermasyarakat dengan obyek yang sesungguhnya, dan mengamalkan dan memanfaatkan semua keilmuan yang telah diperoleh dari kegiatan belajar di kampus.
  • mahasiswa mampu berinteraksi serta dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,
  • mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah -- masalah yang terjadi di masyarakat serta memecahkan masalah -- masalah tersebut,
  • menggali potensi -- potensi yang ada dalam masyarakat,
  • memanfaatkan potensi itu untuk kemaslahatan bersama,juga
  • belajar hidup bermasyarakat untuk memperoleh pengalaman yang luas, sehingga kelak dapat menjadi manusia yang memiliki kompetensi personal dan kompetensi sosial

Bagi mahasiswi semester 4 PGPAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan,Hari Sabtu tanggal 11 Mei 2024 merupakan pengalaman pertama dalam melaksanakan kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara mandiri.Karena kegiatan PKM ini khusus dilakukan kelas semester 4 PGPAUD sebagai  bentuk pengaplikasian dari matakuliah Perlindungan dan Pemberdayaan Hak Anak dan matakuliah Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Tekhnologi

Tema yang diusung di kegiatan PKM ini adalah "menjaga masa depan anak melalui warisan budaya".Tema yang dipakai merupakan kolaborasi antara mata kuliah PPHA dan PLSBT.

Kegiatan PKM dilakukan di Desa Lebakwangi,Kecamatan Lebakwangi,Kabupaten Kuningan,di mana desa ini merupakan tempat bertugasnya ayah dari salah satu mahasiswa semester 4,yaitu teh Debby Marshenda.


Kegiatan pembukaannya selain dihadiri seluruh mahasiswa semester 4 PGPAUD ,Ketua LPPM STKIP Muhammadiyah Kuningan,Dr.Oman Hadiana,M.Pd.,beserta para dosen mata kuliah ,dihadiri pula oleh kepala desa Lebakwangi beserta jajarannya termasuk ibu2 PKK ,kader posyandu,dan sejumlah warga desa Lebakwangi dan anak usia dini.

Kegiatan PKM  diisi dengan kegiatan seminar dan permainan tradisional bersama anak2 usia dini.Seminar diisi dengan pemaparan materi oleh bunda dosen Erna Juherna,M.Pd. (peran keluarga dalam pencegahan bullying),dan bunda dosen Leni Nuraeni S.S.,M.Hum,( cara mengenalkan budaya pada anak).Sedangkan permainan tradisional dipandu bunda Rita Kusumah,M.Pd.

Mengenalkan Budaya pada Anak/dokpri
Mengenalkan Budaya pada Anak/dokpri

2 kegiatan di atas berlangsung di waktu yang bersamaan,namun berbeda tempat. Kegiatan seminar diadakan di gedung balai desa, sedangkan permainan tradisional dilakukan di alun-alun desa.Kegiatan yang digelar ini,mendapat antusias warga dibuktikan dengan banyaknya warga yang hadir di acara seminar juga anak2 yang ikut dalam kegiatan permainan tradisional.

Peran keluarga dalam mencegah bullying/dokpri
Peran keluarga dalam mencegah bullying/dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun