Mohon tunggu...
Nia Apriliani
Nia Apriliani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Undip

Hallo, Saya Nia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Warga Enggan Divaksin, Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi "Yuk Vaksinasi"

4 Agustus 2021   05:28 Diperbarui: 4 Agustus 2021   05:32 35 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Warga Enggan Divaksin, Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi "Yuk Vaksinasi"
Dokumen pribadi

Tegal (29/7) Saat ini, pemerintah sedang gecar gencarnya mengadakan program vaksinasi massal namun hal itu belum diimbangi dengan antusias warga. Masih banyak masyarakat yang menolak untuk diajak vaksinasi COVID-19. 

Hal itu dikarenakan kurangnya sumber infomasi yang tepat terkait vaksinasi. Oleh karena itu dalam rangka mendukung program pemerintah terkait vaksinasi COVID-19, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro TA 2021 berinisiatif memberikan edukasi melalui Video yang bertajuk "Yuk Vaksinasi"

Tujuannya ialah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang masih enggan dan takut untuk melakukan vaksinasi. 

Video tersebut memaparkan beberapa poin informasi yang bersumber dari "Buku Saku Tanya Jawab Seputar Vaksinasi COVID-19 Edisi 1" yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan. 

Konten atau topik yang dipaparkan seputar pengertian vaksinasi, tujuan vaksinasi, hingga tatalaksana vaksinasi. Video "Yuk Vaksinasi!" dibagikan di kanal youtube supaya mudah diakses.Tidak hanya melalui video edukasi, poster infografis terkait vaksinasi COVID-19 pun diberikan ke warga sekitar. 

Tujuan pemberian poster tersebut adalah supaya poster infografis terkait vaksinasi COVID-19 menjadi bahan bacaan dan panduan untuk warga. 

Sama halnya dengan video edukasi, konten/topik poster infografis yang disajikan tidak jauh berbeda. 

img-20210701-wa0001-6109c26a06310e3ca77bb272.jpg
img-20210701-wa0001-6109c26a06310e3ca77bb272.jpg
Dalam program ini, untuk mengukur pemahaman warga/masyarakat terkait informasi yang sudah diberikan melalui video tersebut, maka dibuatlah kuesioner berupa pre-test dan post-test. 

Hal itu menjadi tolak ukur keberhasilan program tersebut supaya apa yang menjadi tujuan dari program ini dapat tercapai. 

Dengan adanya pemberian informasi dan pemahaman terkait vaksinasi COVID-19 melalui video edukasi, diharapkan banyak warga/masyarakat yang tergerak untuk melakukan vaksinasi. Sehingga apa yang menjadi target pemerintah dapat terlaksana.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x