Mohon tunggu...
NI MADE JYOTIARA
NI MADE JYOTIARA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal 9 Nilai Anti Korupsi untuk Memperkuat Jati Diri

23 September 2022   21:36 Diperbarui: 23 September 2022   21:36 337 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Korupsi merupakan hambatan bagi kepemimpinan pemerintah yang tetap menjadi parasit sosial yang merusak struktur pemerintahan  Indonesia. Korupsi memiliki beberapa penyebab, terutama faktor eksternal dan internal. 

Faktor Eksternal Korupsi disebabkan oleh pengaruh dari pihak luar atau lingkungan sekitarnya. Faktor internal yang menyebabkan terjadinya korupsi adalah karena alasan pribadi atau individu. 

Faktor internal  menentukan apakah nilai antikorupsi sudah mengakar dalam diri setiap orang. Oleh karena itu, dalam rangka melindungi dari perilaku korupsi, perlu diterapkan nilai-nilai antikorupsi KPK, yaitu sembilan nilai anti korupsi dapat diwujudkan pada kehidupan sehari-hari, meliputi kehidupan keluarga, pekerjaan, dan sosialisasi di masyarakat.

Sembilan nilai antikorupsi adalah jujur, disiplin, bertanggung jawab, adil, berani, peduli, pekerja keras, mandiri dan sederhana. Secara singkat, mari kita pahami nilai-nilai untuk mencegah korupsi . 

Arti nilai jujur tidak melakukan sikap curang, apa adanya, lurus hati dan tidak berbohong. Orang yang berintegritas jujur akan selalu mengatakan dan melakukan dengan berpegangan terhadap prinsip yang diyakininya benar, seseorang dengan nilai kejujuran pada hatinya tidak akan pernah melakukan korupsi, karena ia tahu tindakan yang dilakukannya tersebut bentuk sebuah kebohongan (ketidak jujuran) dan kejahatan.

Disiplin adalah ketaatan (mengikuti) peraturan (rules). Tanggung jawab merupakan sikap melakukan tugas dan kewajibannya terhadap diri sendiri maupun negara, masyarakat dan sebagainya. adil berarti kejujuran dan persamaan hak dan tidak memihak.

Berani adalah mempunyai rasa percaya diri yang mantap dan tidak takut dalam menghadapi sesuata yang dianggap bahaya dan kesulitan. Peduli merupakan sikap yang memperhatiakna dan menghiraukan orang dan lingkungan sekitar. Kemandirian berarti kemampuan untuk menyendiri, tidak bergantung pada orang lain. Sederhana berarti kebiasaan sesorang yang berlaku apa adanya dan sesuai kemampuannya.

Inilah sembilan nilai integritas yang harus dimiliki setiap orang untuk menghindari korupsi. Menerapkan nilai-nilai tersebut manfaatnya untuk diri sendiri dan masa depan bangsa. Oleh karena itu, nilai-nilai kejujuran harus diwujudkan dan dilatih sejak dini untuk menghasilkan generasi baru yang lebih bersih dari korupsi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan