Mohon tunggu...
neyzha virela
neyzha virela Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kepribadian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apakah Islam Bermusuhan dengan Pancasila?

25 September 2022   00:37 Diperbarui: 25 September 2022   00:53 89 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Islam merupakan agama yang memang akan dianut dan dibela di kemudian hari  . Tetapi di sisi lain , isi pada pancasila juga merupakan ideologis yang dianut diaplikasikan pada kehidupan bangsa bernegara yang saat ini digunakan dalam kehidupan Pancasila juga sebagai ideologi negara diuji karena lahir dari konsensus di antara kelompok yang berbeda. Lahirnya Pancasila tidak hanya dikaitkan dengan tokoh satu agama, tetapi juga dengan tokoh agama lain dan kelompok nasionalis., . Proses antara islam dan pancasila merupakan sebuah perjalanan yang panjang da  penuh dengan sejarah . Hubungan antara agama dan negara dianggap sangat erat dan terjalin dalam banyak hal. 

Banyak cendekiawan, ilmuwan, dan ulama di Indonesia sepakat bahwa agama memberikan hidayah dari Tuhan dan berfungsi sebagai pembimbing dan pemberi nasehat, dengan fungsi-fungsi tersebut tujuan utama agama adalah keamanan, kesejahteraan dan kebahagiaan. agama dan pancasila itu merupakan dua hal yang melekat yang berkaitan dalam nilai nilai masyarakat Indonesia. Mengaitkan keduanya inidengan membedahkan sila serta ayat yang memiliki tujuan untuk melihat titik laut selain itu juga dikaji , apakah betul keduanya itu saling terdapat benturan filosofip diantara keduanya. 

Kedalaman nilai filosofis pancasila itu termasuk juga dalam perwujudan dari nilai nilai ajaran islam yang hendaknya memperkuat posisi kita sebagai negara Indonesia. Hubungan agama dan negara ini sangat erat dan saling berhubungan diberbagai ilmuan, cendikiawan, agamawan di Indonesia bersepakat bahwa agama memberikan pedoman yang berfungsi sebagai  pembimbing dan memberikan petunjuk seperti pada tujuan pokok nya agama yaitu keselamatan, dan kesejahteraan kepada penganutnya jadi pancasila itu tidak musuh dari islam ,Seperti halnya sila pertama yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa itu merupakan cerminan bahwa nilai pancasila itu juga terikat atau berkesinambungan dengan agama islam.

Pancasila itu berisi tentang persoalan masyarakat pada negara agar bersatu dengan yang lainnya dengan mempunyai rasa kemanusian seperti pada nilai sila kedua yang berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab dan dalam islam kita dianjurkan untuk saling menolong mempunyai rasa kemanuiaan pada seseorang dan saling menguntungkan satu sama yang lainnya . memberi bantuan apabila seseorang membutuhkan. Adapun pada sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia itu kan menjelaskan tentang persatuan .Nah, nilai nilai pancasila itu juga tidak bertentangan dengai nilai nilai persatuan yang ada dalam kandungan Al-Qur'an yang sesuai dalam isi  perintah Al-Qur'an pada surah Al hujurat ayat 13 . 

Kemudian sila keempat yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan nah itu dalam perilaku di wujudkan dalam apabila kita dalam suatu musyawarah kita tidak boleh menghendakan keingin sendiri ,dan harus menghormati keputusan yang lain tidak memaksakan kehendak sendiri. Keragaman dalam hal agama itu merupakan salah satu masalah yang terbesar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, seperti dalam isi al-quran berfirman dengan artian intinya apabila kita menerima seruan dan melaksanakan perintah Tuhan kita akan diberikan rezeki. 

Kemudian pengamalan sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam masyarakat diterapkan untuk bergotong royong satu sama lain, bekerja keras, saling menolong ,tidak memilih harus bersifat adil dalam membagi pekerjaan yang akan diselesaikan misalnya ya kita punya teman dekat nah teman yang dekat dengan kita di beri pekerjaan yang sedikit yang ringan sedangkan teman yang tidak terlalu akrab dengan kita diberikan pekerjaan yang banyak .nah itu tidak adil dalam Al-qur'an surah an-nahl ayat 90 yang mempunyai arti yaitu sesungguhnya Allah itu menyuruh untuk berperilaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Allah melarang untuk berbuat keji, kemaksiatan dan permusuhan.

Menyampaikan nilai nilai pancasila ini apabila dikaitkan dengan perintah agama akan mudah dipahami. upaya terus-menerus untuk menjelaskan dan membuat orang memahami bahwa nilai-nilai Pancasila tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama apa pun. Pada proses moderasi beragama, kemenag mendorong pengembangan pandangan, sikap, perilaku beragama yang moderat, tidak ekstrim . Sebgaimana agama melarang untuk untuk memelukna, tetapi juga tidak boleh berlebihan. 

Padahal, Pancasila dapat dilihat sebagai jalur perantara yang mampu mengasimilasi nilai-nilai agama ke dalam konteks negara, dan dapat dikatakan bahwa pengaruh agama sangat kuat mewarnai konstruksi berbagai isi undang-undang, peraturan dan perundang-undangan. peraturan yang berasal dari Indonesia.  Dan zaman sekarang masyarakat itu membutuhkan sosialisai yang simple yang mudah dipahami tidak sulit apabila dilakukan.Karena masyarakat maunya singkat,padat dan jelas. 

Dan tidak semua harus digunaka dalam kelompok tetapi kesadaran diri sendiri juga pada norma norma tersebut , karena attitude seseorang itu lebih di utamakan daripada yang lain . Perlunya kesadaran itu yang memeliki pengartian hubungan antara islam dan pancasila. Tetapi tidak semua orang itu menyikapi bahwa islam itu berkaitan ada juga yang menganggap bahwa itu bertentengan. Padahal si contoh dari sikap yang di terapkan sehari-hari itu seperti dan hampir mirip dalam isi Al-Qur'an yang berhubungan dengan pengamalan nilai nilai pancasila tetapi jarang yang sadar bahwa ia telah melakukan sesuai dengan yang terkandung dalam arti isi dari Al-Qur'an. Sebab itu jadi tidak sembarang yang di publikasikan ada yang samar samar dan ada yang to the point karena bisa juga diibaratkan dengan sesuatu yang sekiranya pantas dan mudah difahami untuk menerapkan. Jadi islam itu tidak menjadi musuh bagi ideologi pancasila

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan