Mohon tunggu...
GoDok Indonesia
GoDok Indonesia Mohon Tunggu... Editor -

Aplikasi kesehatan yang menyajikan layanan Tanya Dokter Gratis dan Ragam Artikel seputar kesehatan, gaya hidup, keluarga hingga ragam penyakit

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Muncul Benjolan di Ketiak? Ini Enam Penyebabnya!

24 Januari 2018   13:54 Diperbarui: 24 Januari 2018   14:04 1985 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Muncul Benjolan di Ketiak? Ini Enam Penyebabnya!
source: http://www.saga.co.uk/

Go Dok-  Pernahkah Anda mengalami kondisi di mana tiba-tiba muncul benjolan diketiak? Panik; mungkin itu yang Anda rasakan. Mungkin, perasaan ini dipicu oleh ketidaktahuan Anda atas penyebab munculnya benjolan tersebut. Ternyata, benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh penyakit dan kebiasaan Anda yang salah. Yuk, kenali 6 penyebab munculnya benjolan diketiak melalui penjelasan  berikut ini!

1. Reaksi alergi

Benjolan di ketiak ternyata bisa dipicu oleh reaksi alergi. Singkatnya, benjolan merupakan reaksi alami tubuh Anda terhadap paparan bahan kimia tertentu yang bisa saja terkandung di dalam produk deodorant, body mist, parfum, atau cairan pelembut pakaian.

Selain karena paparan bahan kimia, alergi juga dapat dipicu oleh hal lainnya, seperti pemberian vaksin dan konsumsi-obat-obatan tertentu. Rumit, bukan? Karena menentukan alergen bukanlah merupakan hal yang mudah, maka Anda dianjurkan untuk menghubungi dokter agar dapat mengetahui pemicunya dengan pasti.

2. Lipoma

Seperti yang telah Anda ketahui, lipoma adalah benjolan lemak yang muncul di jaringan antara kulit dan otot. Meskipun tergolong ke dalam tumor jinak, namun lipoma yang tidak segera ditangani dapat memicu timbulnya rasa sakit, lho!

3. Infeksi bakteri

Jarang yang mengetahui bahwa benjolan diketiak juga bisa dipicu oleh infeksi bakteri. Faktanya, bakteri dapat masuk melalui pori-pori kulit dan menginfeksi ketiak. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kebiasaan menggaruk-garuk ketiak, atau mencabuti bulu ketiak tanpa memperhatikan kebersihan.

Ingat! Jika tidak segera ditangani, infeksi bakteri ini dapat menyebabkan abses (benjolan berisi nanah) yang sangat menyakitkan, lho! Malahan, tidak banyak penderitanya yang turut mengeluhkan badan yang terasa ngilu dan panas-dingin. Jadi, selalu waspada, ya!

4. Infeksi virus

Selain karena infeksi bakteri, hal ini juga dapat muncul karena infeksi beberapa jenis virus, seperti virus HIV/AIDS, Herpez zoster, dan cacar air.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x