Mohon tunggu...
armand yazin
armand yazin Mohon Tunggu... #inarmandastheniawetrust

Cityzen of Mansour City, Beginner Drummer and Camera Person

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Seberapa Istimewakah Glenn Fredly?

23 Mei 2020   11:08 Diperbarui: 23 Mei 2020   11:15 66 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seberapa Istimewakah Glenn Fredly?
instagram glenn fredly

40 hari sudah berlalu Bung Glenn Fredly (GF) meninggalkan kita, meninggalkan blantika musik tanah air, meninggalkan karya abadi dan tentu saja meninggalkan pertanyaan bagi mereka yang belum mengenal sosok kelahiran 30 September 1975 tersebut secara musikalitas.

Beberapa waktu lalu ada netizen yang memuat pertanyaan di media sosial : "Apa istimewa seorang Glenn Fredly dibanding penyanyi lain ?". Pertanyaan senada yang pernah ada dalam benak saya beberapa tahun silam.

Pertanyaan tersebut membuat saya flashback beberapa tahun kebelakang. Suatu malam saya mendengar siaran radio FM di kamar, tetiba terdengar alunan lagu  berjudul "Cukup Sudah" diputar, sesekali saya turut bernyanyi pada bagian reffrain karna hanya dibagian itu yang saya hapal, usai lagu diputar penyiar radio menyinggung bahwa suara Bung Glenn mirip dengan Michael Jackson. Apa..?? What..??

Saya hanya secuil hafal lirik lagu tersebut dan saya sama sekali bukan penggemar karya beliau.  Terbesit  tanya dihati : "Apa bagusnya Glenn hingga begitu banyak khalayak menggemari karyanya..?"

Waktu berlalu, hingga suatu sore TV lokal mengudara, hampir saban hari video klip "Kasih Putih" dengan nuansa Black-White diputar membuat saya sangat hapal dan selalu saya nyanyikan acapkali saya konser tunggal di kamar mandi. Tapi dilagu ini  saya membuktikan bahwa timbre vokal Bung Glenn mirip dengan Michael Jackson.. The King of Pop.

TV lokal pula yang yang membuat saya jatuh hati pada lagu "Januari".. ups salah, lebih tepatnya melodi guitar dilagu Januari, coba cek pemutar pemutar musik anda, dengar baik-baik  interlude gitar di lagu tersebut, siapa yang tak merinding atau mungkin eargasm mendengar melodi guitar tsb.. Ohyes..!!

Andre Dinuth gitaris The Bakuucakar (sumber: matamusic.com)
Andre Dinuth gitaris The Bakuucakar (sumber: matamusic.com)

Medio 2013, saya berkesempatan menyaksikan dari dekat sound check band pengiring Bung Glenn, tak ada yang menarik perhatian kecuali sosok sang drummer, sosok yang tak asing yang sering saya lihat di video klip unit Jazz asal Jakarta Park Drive. Yess.. bagaimana mungkin bisa drummer yang saya idolakan permainannya check sound di depan mata sedemikian dekat.


7 jam berselang konser dimulai, saya hanya antusias  menyimak permainan drummer band pengiring Bung Glenn ini, saya acuh pada artis utama walau seisi Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) yang mayoritas kaum hawa berteriak histeris. Dan gendang telinga saya tetap tak bisa menerima karya musik beliau, yep sama sekali telinga saya tak terinfeksi.

Beberapa nomor dimainkan hingga pada pertengahan pertunjukan Bung Glenn memainkan Roland RD700 seorang diri dengan membawakan lagu "Malaikat Juga Tahu" karya Dewi Lestari, entah darimana datangnya sihir hingga saya turut bernyanyi, dan paska lagu tersebut dimainkan saya auto menjadi Glennkers atau Balaglenn.. Hahaha..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x