Mohon tunggu...
Roneva Sihombing
Roneva Sihombing Mohon Tunggu... Guru - pendidik

Penyuka kopi, gerimis juga aroma tanah yang menyertainya. Email: nev.sihombing@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Aide: Memelihara Mimpi Besar dari Tepi Kehidupan Masyarakat Pinggiran

25 November 2021   23:29 Diperbarui: 25 November 2021   23:36 56 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Aide [noun] an assistant to an important person, especially a political leader.
Cambridge Dictionary. Aide [noun] : a person whose job is to help someone important, such as a member of a government or a military officer of high rank. 

***
Drama Aide berkisah tentang pribadi-pribadi di balik layar yang mengurusi  keperluan anggota majelis Nasional; (mungkin kalo di sini seperti anggota dewan yang terhormat,, hehehehe) menyiapkan draft pidato dan mengecek kembali penggunaaan diksi yang akan disampaikan kepada publik.

Drama Aide yang memiliki judul lain Chief of Staff ini, yang tayang tahun 2019 terdiri atas 10 episode dengan durasi 60-70 menit per episode. Berkisah tentang kehidupan anggota kongres, ketua partai dan dinamika politik di dalamnya. 

Jang Tae Jun (Lee Jung Jae) meninggalkan karir di kepolisian untuk menjadi anggota Majelis Nasional. Menurutnya, semua masalah yang ada hanya bisa diatasi oleh pengambil kebijakan di tingkat Majelis Nasional. 

Menurutnya, masyarakat menjadi dingin dan suram serta terbiasa dengan penderitaan orang. Politikus harus hadir di tengah masyarakat dan mengambil kebijakan yang memihak kesejahteraan rakyat. 

Maka Tae Jun mengawali karirnya menjadi asisten pribadi, sekretaris hingga kepala staf Song Hee Seop (Kim Kap Soo). Jenjang karir bertahap yang membuatnya bisa dicalonkan sebagai anggota kongres atau kepala daerah. Tae Jun, memelihara mimpi besar dari tepi kehidupan masyarakat pinggiran. 

Kecakapan Tae Jun melakukan lobi-lobi politik membuatnya berkesempatan bertemu dan berinteraksi dengan tokoh-tokoh politik, mulai dari staf menteri, ketua fraksi, asisten pribadi anggota kongres, senator hingga ke orang-orang awam yang tertarik terlibat dalam dunia politik. 

Berada Hal tersebut membuat posisi Tae Jun sangat berbahaya karena Tae Jun memiliki banyak informasi yang bisa saja digunakan untuk menjatuhkan orang tertentu larena bersebrangan posisi politik. 

Karena tidak segera menghancurkan salah satu barang bukti, Tae Jun harus menyaksikan Kang Seon Yeong (Shin Min Ah), salah satu anggota parlemen yang adalah kekasih Tae Jun, dipermalukan oleh pimpinannya. Dengan latar belakang polisi, tentu saja hal tersebut sangat membahayakan. Terutama jika tujuan Tae Jun menyimpan bukti tersebut untuk mengancam seorang tokoh politik. 

Oh Wan Sik (Jung Woong In) -- kepala staf Song Hui-seop sebelum digantikan Tae Jun -- menemukan fakta bahwa terjalin hubungan personal antara Tae Jun dan Kang Seon Young (Shin Min Ah) . Dan, tentu saja hal tersebut membahayakan Tae Jun dan Seon Young karena pimpinan yang mereka layani berada dalam posisi yang bersebrangan dalam poliltik.

Setiap kali masalah muncul mengancam kedudukan politik Song Hui-seop dan para donaturnya, Tae Jun akan mengambil langkah memutar untuk menyelamatkan semua. Banyak hal yang dipertaruhkan, termasuk harga diri, namun Tae Jun melakukannya dengan sangat baik. Namun, menjadi tidak menguntungkan bagi pihak lawan politik Song Hui-seop. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan