Mohon tunggu...
Roneva Sihombing
Roneva Sihombing Mohon Tunggu... Guru - pendidik

Penyuka kopi, gerimis juga aroma tanah yang menyertainya. Email: nev.sihombing@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Compares dan Contrasts Drama "Doom at Your Service" dan "My Roommate is A Gumiho"

30 Juni 2021   00:15 Diperbarui: 30 Juni 2021   00:30 366 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Compares dan Contrasts Drama "Doom at Your Service" dan "My Roommate is A Gumiho"
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Ada 2 judul drakor yang berkisah tentang gumiho, siluman rubah berekor sembilan, yang pernah aku lihat, yaitu: My Girlfriend is a Gumiho (2010) dan Tale of the Nine Tailed (2020). 

Tale of the Nine Tailed yang judul lainnya The Tale of A Gumiho bahkan belum rampung nonton sampai kini.. hehehe.. Namun, ketika tanpa sengaja menonton adegan Hyeri yang menjerit, lalu  tertawa dengan kekocakannya yang menunjukkan keterkejutan yang luar biasa, aku memutuskan ikut menonton drama My Roommate is A Gumiho yang sedang ongoing sejak Juni ini.

Adalah seorang Hyeri, yang membuatku ingin menonton drama yang satu ini. Hyeri yang meninggalkan kesan ceroboh dan naif sejak Reply 1988, memang tidak mudah dilupakan.  

My Roommate is A Gumiho adalah salah satu drama yang bergenre fantasi yang sedang tayang saat ini selain Doom at Your Service. Karena bergenre sama dan tayang dalam waktu yang hampir bersamaan (DaYS tayang 5 episode lebih awal), maka tanpa sengaja aku mulai membandingkannya baik persamaan maupun perbedaannya. Mari kita mulai, yuuk..
***

Persamaannya yang pertama adalah immortal vs mortal life. Tokoh utama pria memiliki rentang hidup yang lebih panjang dibandingkan tokoh utama wanitanya. Non-human yang meniru cara manusia hidup dan berinteraksi; tidak dibatasi ruang dan waktu, musim dan tahun serta mempunyai kemampuan teleportasi sangat baik. 

Sedangkan tokoh utama wanitanya, selain rentang hidup terbatas, ada sesuatu yang membuat hidup yang terbatas tersebut semakin pendek jaraknya. Tak Dong Kyung di drama Doom at Your Service menderita tumor otak yang membuatnya hanya memiliki tersisa 100 hari untuk hidup. Sedangkan Lee Dam hanya memiliki waktu setahun jika kelereng milik pak Gumiho Shin Woo Yeo tidak dikeluarkan dari perutnya. 

Persamaan yang kedua adalah ikat kontrak. Salah satu isi ikat kontraknya adalah tinggal bersama. Di DaYS, rumah Dong Kyung seperti menempel pada rumah Myeol Mang. Myeol Mang dalam Doom at Your Service berjanji jika Dong Kyung tidak akan mengalami kesakitan menjelang kematian. Ikat kontraknya berupa benang merah yang diikatkan pada pergelangan tangan Dong Kyung. 

Sedangkan Lee Dam menandatangi lembar kontrak yang membuatnya tidak bisa makan ayam goreng, minum bir dan berdekatan dengan setiap pria bershio macan demi pak Gumiho. 

Hadeeeuh... Belum jatuh cinta sudah berkorban.. Di episode-episode awal, 2 tokoh utama di 2 drama yang berbeda ini malah tinggal serumah. Menariknya, tidak ada satupun sahabat pun keluarga Dong Kyung dan Lee Dam yang mengetahui keputusan besar mereka berdua untuk tinggal bersama dengan pria yang nyaris (bisa dikatakan) tidak dikenal sama sekali. Bukan kekasih, bukan teman, baru pertama berjumpa, sudah berkeputusan untuk tinggal bersama. 

Persamaan ketiga adalah lingkar pertama keluarga. Dong Kyung dan Lee Dam memiliki seorang adik laki-laki dan kerabat wanita yang lebih tua, entah ibu atau saudara kembar ibu yang tinggal di luar negeri. Sedangkan Myeol Mang dan Woo Yeo memiliki seorang wanita yang dekat dalam hidup mereka. 

Di sisi lain ada juga perbedaan antara 2 judul drama tersebut, yaitu visualisasi pada layar. Sejak awal, Myeol Mang dan Dong Kyung pada Doom at Your Service sudah memperlihatkan afeksi, terutama sekali bergandengan tangan (salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit) dan berpandangan secara intens. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x