Mohon tunggu...
Roneva Sihombing
Roneva Sihombing Mohon Tunggu... pendidik

Penyuka kopi, gerimis juga aroma tanah yang menyertainya

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Hush: Idealisme pada Pekerjaan atau Bertahan Hidup, Manakah yang Terutama?

13 Mei 2021   00:24 Diperbarui: 13 Mei 2021   00:30 80 1 1 Mohon Tunggu...

Ketika kebenaran berada dalam panci yang disebut diam, akankah bisa bertahan tanpa menjadi gila? 

Aku tidak tahu kalau drama Hush ini begitu emosional. Aku termasuk jarang menonton drama yang mengambil tema tentang reporter dan jurnalis (yang terbaru tentang reporter adalah drama Time yang tema utamanya justru perjalanan waktu) dan kehidupan mereka. Drama yang tayang sejak Desember 2020 hingga Februari 2021 ini memiliki 16 episode dengan durasi 65 -- 70 menit per episodenya. 

***
2013 

Seorang reporter muda Harian Korea, Han Jun Hyuk (Hwang Jung Min), mendapatkan berita eksklusif dari seorang aktivis serikat pekerja, Lee Yong Min. Yong Min memimpin demo dan sedang berjuang mempertahankan hak pekerja. 

Namun, berita yang muncul pada artikel baik di koran maupun online justru memojokkan Yong Min dengan mengatakan bahwa aktivis tersebut menerima suap. Ketika Jun Hyuk mengkonfrontasi berita tersebut pada redaktur Uhm Sung Han (Park Ho San), ternyata CEO menginginkan berita tersebut yang turun. Pemerintah menekan CEO untuk menurunkan berita palsu! Sekalipun revisi tersebut dilakukan Sung Han setelah menerima artikel tersebut dari Jun Hyuk. 

Dengan canggung, reporter dan aktivitis bertemu kembali sambil menikmati sup gomtang. Yong Min mentraktir Jun Hyuk semangkuk sup gomtang sebagai rasa terima kasih sudah ikut mendukungnya. Sepulang dari pertemuan tersebut, Yong Min menjadi semakin tertekan membaca tanggapan berita tentang dirinya, lalu bunuh diri dengan menabrakkan diri kereta api yang sedang melaju. 

Sang reporter sangat terpukul. Sejak saat itu, dia tidak pernah bisa menikmati sup gomtang. Ironisnya, restoran tersebut adalah tempat favoritnya untuk bertemu temannya yang adalah seorang polisi, pak Kim. 

*** 

Setelah 6 tahun kematian ayahnya akibat bunuh diri, akhirnya Lee Ji Soo (Im Yoon Ah) berhadapan Han Jun Hyuk. 

2019. Kini.

Harian Korea menerima 4 orang magang; Lee Ji Soo (Im Yoon Ah ), Oh Soo Yeon (Kyung Soo Jin), Hong Gyu Tae (Lee Seung Woo), Kang Joo An (Im Seong Jae). Mentor yang akan melatih dan mengevaluasi mereka  adalah Han Jun Hyuk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x