Mohon tunggu...
Nethania Simanjuntak
Nethania Simanjuntak Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

welcomee!! saya hanyalah seorang perempuan yang iseng-iseng menulis

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Selesainya Turnamen Malaysia Open 2023

16 Januari 2023   22:52 Diperbarui: 16 Januari 2023   23:00 253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Kemenangan Fajri. Sumber foto: akun twitter @bhulukhuduktv

Tak terasa turnamen bulu tangkis pertama di tahun 2023 telah usai, dengan membawa kabar bahagia bahwa pasangan ganda putra Indonesia yaitu Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto berhasil menjadi juara di Malaysia Open 2023.  

Sebelum itu, turnamen ini merupakan turnamen super series 1000 yang berlangsung pada tanggal 10 Januari -- 15 Januari 2023, berlokasi di Axiata Arena, Malaysia. 

PBSI menggaet 17 atlet dengan 5 sektor yang berbeda diantaranya 4 sektor MS, 1 sektor WS, 6 sektor MD, 2 sektor WD, dan 4 sektor XD. Di round 32, Indonesia berhasil mengamankan 14 atlet untuk melaju ke round 16, tetapi sayangnya di round 16 hasilnya tidak memuaskan bagi Indonesia karena 14 perwakilan dari kelima sektor hanya tersisa 5 perwakilan saja untuk melaju ke quarter final

Hal ini sempat diungkapkan di salah satu postingan di akun Instagram @badmintalk.com yang mewawancarai pemain tunggal putra top 4 dunia yaitu Jonathan Christie yang mengatakan bahwa ia sedikit kecewa dengan permainannya saat itu dikarenakan ada perubahan angin di lapangan serta shuttlecock yang sedikit agak lambat sehingga membuat strategi yang sudah dipersiapkan oleh Jojo tidak berjalan dengan lancar dan terhenti di round 16.

Sumber Foto: akun instagram @badmintalk_com
Sumber Foto: akun instagram @badmintalk_com

Kelima perwakilan yang melaju ke quarter final bermain dengan cukup baik sehingga Indonesia berhasil mengamankan masing-masing 1 perwakilan dari pasangan ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran yang melaju ke semifinal. 

Namun 2 diantaranya tidak berhasil ke semifinal yaitu pasangan ganda putra Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan yang dikalahkan oleh pasangan ganda putra dari Korea, Kang Min Hyuk dan Seo Seung Jae serta tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting yang dikalahkan oleh Kanta Tsuneyama perwakilan dari Jepang. 

Di babak semifinal, pemain sudah banyak berguguran tersisa hanya pemain-pemain top dan memiliki pertahanan yang kuat sehingga membuat lawan semakin sulit untuk dihadapi, terbukti dengan pasangan ganda putri yang baru dipasangkan tahun lalu yaitu Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti yang harus berhadapan dengan ganda putri yang saat ini menempati world number one yaitu Cheng Qingchen dan Jia Yifan. 

Bukan hanya itu saja, lawan dari pasangan ganda campuran Dejan Ferdiansyah dan Gloria Emanuelle Widjaja sangat sulit untuk ditaklukkan karena dari beberapa turnamen terakhir, mereka selalu menang siapa lagi kalau bukan Zheng Siwei dan Huang Yaqiong. 

Sama hal nya  dengan pasangan ganda putra Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto yang akan berhadapan dengan ganda putra dari Korea, Kang Min Hyuk dan Seo Seung Jae dimana mereka berhasil mengalahkan "The Daddies" pada saat quarter final di Malaysia Open 2023.  

Ketiga lawan yang akan mereka hadapi tidak bisa diremehkan dan sulit untuk ditaklukkan sehingga pemain Indonesia harus memiliki fisik dan mental yang kuat untuk menghadapi lawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun